Sukses

Diet Mediterania Lebih Baik untuk Lawan Penyakit Demensia

Ketimbang mengonsumsi obat untuk melawan penyakit demensia, lebih baik mengubah kebiasaan dengan menjalani pola diet Mediterania.

Ketimbang mengonsumsi obat untuk melawan penyakit demensia, lebih baik mengubah kebiasaan dengan menjalani pola diet Mediterania.

Di Inggris, melalui surat terbuka para dokter mengatakan kepada Menteri Kesehatan untuk membujuk para masyarakat di sana untuk mengonsumsi buah dan sayuran, kacang-kacangan, ikan, serta minyak zaitun. Cara ini dianggap sebagai strategi terbaik untuk mencegah Alzheimer, dan penyakit yang berkaitan dengan memori lainnya.

"Kami berharap, krisis ini dapat dilihat sebagai kesempatan untuk menuju perubahan kebijakan yang nyata, yaitu menjalani pola diet Mediterania, bukan tergantung pada obat-obatan yang sedikit meragukan," kata Mantan Ketua Royal College of General Practitioners, Dr Clare Gerada.

Dikutip laman Daily Mail, Senin (9/12/2013), Dr Clare mengatakan bahwa bukti kuat menunjukkan perbaikan gaya hidup akan memiliki efek yang jauh lebih besar, daripada mengonsumsi obat-obatan.

Kardiolog Dr. Aseem Malhotra mengatakan bahwa diet Mediterania tidak hanya dapat menyembuhkan Demensia, tapi juga dapat mencegah semua penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, Alzheimer, dan kanker.

"Makan dengan pola diet seimbang dan sehat itu penting bagi setiap individu. Ini berguna untuk mengurangi risiko Demensia serta kondisi lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes," kata Juru Bicara Departemen Kesehatan di sana.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini