Sukses

Jatuh Bangun Nelson Mandela Melawan Penyakit

Infeksi paru-paru yang dialami mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela membuatnya harus bolak-balik masuk rumah sakit.

Infeksi paru-paru yang dialami mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela membuatnya harus bolak-balik masuk rumah sakit. Masa terlama ia dirawat pada 8 Juni 2013. Saat itu, Mandela dirawat hingga tiga bulan hingga akhirnya diperbolehkan pulang.

Mandela sudah beberapa kali masuk rumah sakit dalam dua tahun terakhir.

Pada Desember 2012

Mandela juga harus menjalani pengobatan infeksi paru-paru dan operasi batu empedu selama 18 hari. Ini waktu terpanjang dirawat di rumah sakit sejak 1990, ketika Mandela dibebaskan dari penjara usai menjalani hukuman 27 tahun.

Februari 2013

Selang beberapa bulan, pada Februari Mandela dirawat karena sakit perut.

27 Maret 2013

Mandela menghabiskan waktu lima hari di rumah sakit akibat pneumonia.

8 Juni 2013

Mandela dirawat sejak 8 Juni 2013 akibat infeksi paru yang dideritanya. Beragam informasi bermunculan mengenai kabar Mandela seperti tetap kritis namun stabil.

Selama dua minggu pertama dirawat di sebuah klinik jantung di Pretoria, Mandela dikabarkan belum membuka matanya meski kondisinya stabil. Pahlawan anti-apartheid itu terus berjuang mengobati infeksi parunya yang terus berulang. Menurut sumber dailymail, fungsi ginjal dan hatinya tinggal 50 persen.

Namun, menjelang Hari Ulang Tahunnya pada 18 Juli 2013, kondisinya menunjukkan perkembangan yang drastis. Mantan Presiden Afrika Selatan itu pun menghabiskan hari ulang tahunnya di rumah sakit.

Setelah hampir tiga bulan dirawat di rumah sakit, mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela akhirnya boleh pulang ke rumah dengan tetap memakai alat penopang hidup. Sebuah pernyataan di situs kepresidenan Afrika Selatan menyatakan perawatan Mandela di rumah adalah yang terbaik demi melanjutkan pemulihannya

September 2013

Mandela dirawat dirumahnya di Johannesburg dengan bantuan 22 dokter. Mandela terbaring di dalam kamar yang disulap seperti ruang ICU. Mandela tak bisa berbicara karena sebuah tabung masih dipakai untuk membersihkan paru-parunya dari cairan.

"Ia masih sangat sensitif terhadap setiap kuman sehingga ia harus benar-benar steril. Kamar tidurnya (di rumahnya di Johannesburg) seperti di bangsal ICU," kata mantan istrinya Winnie Madikizela-Mandela.

Kamis 5 Desember 2013

Nelson Mandela meninggal di usianya yang ke-95 tahun.

Kondisi Mandela melemah dan kesehatannya memburuk selama beberapa tahun. Ini diyakini akibat infeksi paru dari serangan TB (tuberkulosis) yang dideritanya pada 1980, ketika bekerja di sebuah tambang di penjara Robben Island. Paru-paru Mandela dikatakan telah rusak saat bekerja di tambang penjara itu.

Pada tahun terakhir, Mandela menghabiskan sebagian besar waktunya di Qunu, desa leluhurnya di Eastern Cape. Tapi sejak keluar dari rumah sakit pada Desember tahun lalu, ia kembali ke rumahnya di pinggiran kota Johannesburg agar dekat dengan sarana yang menyediakan perawatan medis yang canggih.

(Mel/*)

Baca Juga:

Nelson Mandela Belum Membuka Matanya Selama Berhari-hari

Masih Kritis, Kenapa Nelson Mandela Dibolehkan Pulang?

Apa Kabarnya Nelson Mandela?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini