Sukses

Dekat dengan Anak Bantu Karir Ortu Makin Melejit

Kedekatan fisik maupun psikologis orangtua dan anak ternyata memengaruhi sukses tidaknya karir si anak.

Kedekatan fisik maupun psikologis orangtua dan anak ternyata memengaruhi sukses tidaknya karir yang sedang dijalani.  Adanya saling keterbukaan akan membentuk keluarga yang hangat dan harmonis.

"Idealnya orangtua dan anak memiliki kedekatan fisik dan psikologis, hal ini berpengaruh positif untuk karir orangtua dan kemandirian anak," ujar Psikolog, Adelina Syarif SE,Mpsi ditulis Kamis, (5/9/2013).

Dengan hubungan harmonis maka anak dapat memahami tanggung jawabnya sendiri dan orangtua akan lebih tenang mejalani profesinya.

Anak dengan empati yang baik akan membuat orangtua lebih peduli dan akan bertanggungjawab dengan pekerjaannya. "Sebaliknya anak yang kurang dekat dengan orangtua akan mengalami gangguan seperti kurangnya motivasi dan bisa jadi salah bergaul karena orangtua terlalu sibuk," ungkapnya.

Banyak wanita karir yang selalu menjaga kedekatan dengan anak-anaknya seperti artis Nadya Mulia yang menyempatkan waktu akhir pekannya untuk berlibur bersama anak.

Selain itu ada presenter Ayu Dewi yang mengikuti perkembangan anak di sela kesibukannya, tidak hanya itu Lurah Lenteng Agung yang kini kerap diperbicangkan, Susan Jasmine Zulkifli, menyempatkan mendengar keluh kesah anak saat sarapan.

Menurut Adel, tidak ada alasan wanita yang sedang meniti karir melupakan anak karena perhatian sangat diperlukan untuk membentuk pribadi dan karakter anak.

"Kualitas komunikasi membantu terbentuknya kedekatan psikologis dengan anak," papar Adel.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini