Sukses

Pengusaha Muda Ini Raih Kemandirian Keuangan di Usia 30, Begini Caranya

Dua pengusaha muda ini menemukan cara untuk meraih kemandirian keuangan. Berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pada usia 30 tahun, Sophia Tang dan Russell Brunson telah mencapai sesuatu yang hanya diimpikan oleh kebanyakan orang. Yaitu kemandiran keuangan secara penuh.

Inilah cara kedua pengusaha ini menguasai bidang mereka, mengambil risiko yang terukur, menabung dengan tekun, dan akhirnya mencapai kebebasan untuk mengejar hobi mereka tanpa bergantung pada gaji.

Menerima Risiko dan Menguasai Bidang Anda

"Untuk sukses, menguasai bidang Anda dan mengambil risiko yang diperhitungkan sangatlah penting," kata Sophia Tang, pendiri Nako Cosmetics. Demikian melansir Yahoo Finance ditulis Rabu (10/4/2024)

Tang menemukan kebutuhan pasar akan produk ramah lingkungan setelah mendalami sektor kosmetik. "Meninggalkan pekerjaan saya yang stabil untuk meluncurkan Nako Cosmetics adalah sebuah lompatan keyakinan, yang didorong oleh pemahaman saya yang mendalam," lanjutnya.

Keberanian Tang terbayar ketika ia menjadi pemimpin industri kecantikan yang berkelanjutan.

Sementara itu, Russell Brunson, salah satu pendiri perangkat lunak pemasaran ClickFunnels, menekankan pentingnya mengejar passion tanpa henti.

"Kenali apa yang menarik dan memotivasi Anda. Pahami apa yang benar-benar ingin Anda lakukan dalam hidup dan karier Anda, lalu biarkan kejelasan itu memandu tindakan Anda," ujar dia.

Menemukan dan menguasai bidang yang Anda sukai akan menjadi dasar bagi kesuksesan yang luar biasa.

Menciptakan Kekayaan dengan Investasi yang Cerdas

Namun, mendapatkan gaji yang tinggi saja tidak cukup bagi Tang dan Brunson untuk mencapai kemandirian finansial secepat itu. Mereka berdua membuat langkah keuangan yang cerdas sejak dini.

"Menghasilkan uang saja tidak cukup untuk mencapai kemandirian finansial pada usia 30 tahun." Anda juga harus menabung dan berinvestasi dengan benar," jelas Tang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Investasi dan Belajar

Dia mengalokasikan 20% dari keuntungannya ke berbagai aset yakni saham dan prospek pertumbuhan lainnya. "Strategi ini membantu tabungan saya berkembang dan membuat saya tidak terlalu bergantung pada gaji saya saja, sehingga saya bisa mencapai kebebasan finansial."

Brunson menyarankan untuk meniru praktik-praktik dari orang-orang sukses yang Anda hormati. "Temukan orang-orang yang telah mencapai pencapaian yang Anda inginkan dan pelajari cara mereka. Tiru teknik, pola pikir, dan kebiasaan mereka.

Hidup Di Bawah Kemampuan

Meskipun mendapatkan penghasilan tinggi adalah tahap pertama, Tang dan Brunson sama-sama menekankan pentingnya hidup di bawah kemampuan seseorang untuk menjadi jutawan dengan cepat.

"Kunci dari strategi keuangan saya adalah pendekatan disiplin dalam membelanjakan uang," kata Tang.

"Terlepas dari godaan yang datang dengan kesuksesan awal, saya berpegang pada prinsip hidup di bawah kemampuan saya." Hal ini memungkinkannya untuk menginvestasikan kembali keuntungan di Nako Cosmetics daripada bergantung pada investor, sehingga mempercepat pertumbuhan perusahaan.

Brunson merekomendasikan untuk berfokus pada penguasaan keahlian yang dapat dipasarkan sejak dini.

"Hal pertama yang bisa Anda lakukan di usia 20-an adalah menguasai satu keahlian yang akan memberi Anda kemampuan untuk menulis gaji Anda sendiri, membuka usaha sendiri, menjadi mitra dengan klien impian, atau memulai dan mengembangkan bisnis Anda sendiri."

 

 

3 dari 3 halaman

Kiat Profesional

Apakah Anda siap untuk bergabung dengan klub jutawan sebelum memasuki usia 40 tahun? Ikuti kiat-kiat profesional berikut ini:

Kenali passion Anda: Cari tahu apa yang benar-benar menginspirasi dan menggairahkan sehingga dapat menyesuaikan jalur pekerjaan.

Jadilah seorang Master: Dapatkan keahlian tingkat ahli dalam industri pilihan melalui pengalaman langsung, kursus, buku, dan mentor.

Menabung secara agresif: Sisihkan sejumlah besar gaji Anda (setidaknya 15%-20%) untuk investasi segera.

Hidup hemat: Hindari inflasi gaya hidup dan pertahankan sikap disiplin dalam berbelanja meskipun penghasilan Anda meningkat.

Ambil risiko strategis: Jangan takut untuk meninggalkan posisi yang sudah mapan atau mengeksplorasi ide-ide baru yang sesuai dengan pengetahuan dan visi Anda.

Dengan menggabungkan antusiasme, keahlian, risiko yang terukur, dan ketekunan finansial, Tang dan Brunson mampu membebaskan diri dari ketergantungan pada gaji dan mencapai otonomi finansial penuh sebelum mencapai usia paruh baya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.