Sukses

[VIDEO] Sahur Perlu Pola Makan Sehat Agar Tak Mudah Lelah

Pola makan yang sehat selama berpuasa akan membantu tetap bisa beraktivitas sepanjang hari tanpa perlu khawatir akan kelelahan.

Berpuasa berarti menghentikan aktivitas makan dan minum dari saat subuh menjelang hingga saat petang tiba. Perubahan pola makan yang selama berpuasa tentunya akan berpengaruh terhadap metabolisme tubuh. Pola makan yang sehat selama berpuasa akan membantu tetap bisa beraktivitas sepanjang hari tanpa perlu khawatir akan kelelahan.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang, Senin (15/7/2013), pola makan yang sehat diatur sejak makan sahur. Selain untuk sumber energi selama menjalani ibadah puasa, protein dan makanan berserat berfungsi juga untuk menahan rasa lapar selama berpuasa. Kedua jenis makanan ini relatif lebih lama dicerna tubuh.

"Untuk sahur karena kita seharian tidak makan dan minum maka sebaiknya dikonsumsi makanan berserat tinggi dan berbagai macam sumber protein baik nabati hewani," kata Ahli Gizi Irene Primyanti.

Sedangkan saat berbuka puasa dianjurkan mengonsumsi makanan yang manis. Namun sebelum itu disarankan untuk meminum  cairan yang bersifat basa seperti jeruk nipis.

Makanan sahur:

sumber protein: makanan yang berbahan dasar dari ikan, ayam, telur, dan daging
sumber makanan berserat tinggi: berasal dari sayur mayur dan buah-buahan.

Makanan Berbuka

sumber makanan yang bersifat basa bisa berasal dari air jeruk nipis atau lemon.
sumber makanan  manis : kolak, kurma, dan buah pisang

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini