Sukses

Sikat Gigi Elektrik vs Manual, Mana yang Lebih Efektif Membersihkan Gigi?

Banyak orang yang mulai beralih ke sikat gigi elektrik seiring populer dan mudah mendapatkan barang tersebut. Namun, sebenarnya manakah yang lebih efektif antara sikat gigi elektrik dengan manual?

Liputan6.com, Jakarta - Memilih sikat gigi yang tepat merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Di pasaran, terdapat dua jenis sikat gigi yang populer: sikat gigi elektrik dan manual. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Dulu, sikat gigi elektrik merupakan barang langka kini sikat gigi elektrik saat ini hadir dengan berbagai fitur dan kemampuan yang lebih canggih daripada sekadar "bergetar".

Anda dapat menemukan sikat gigi elektrik yang lembut pada gusi, sikat gigi yang dilengkapi dengan lampu pemutih LED, dan masih banyak lagi. Beragam fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman menyikat gigi yang lebih efektif dan menyenangkan.

Dengan semakin populernya sikat gigi elektrik, banyak orang yang mulai beralih dari sikat gigi manual. Hal ini menunjukkan bahwa sikat gigi elektrik memiliki banyak manfaat yang tidak dimiliki oleh sikat gigi manual.

Harga sikat gigi elektrik pun bervariasi dan memang lebih mahal dari pada sikat gigi manual. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan, fitur sikat gigi elektrik pun akan berbeda-beda. Terdapat sikat gigi elektrik biasa yang menggunakan gerakan osilasi atau rotasi untuk membersihkan plak pada gigi, hingga ada sikat gigi sonic yang menggunakan gelombang suara yang sangat cepat untuk membersihkan gigi dan gusi.

Dilansir dari Shape, Lisa Craven, seorang dokter gigi menyatakan bahwa membeli sikat gigi elektrik merupakan sebuah investasi.

"Anda perlu mengeluarkan biaya yang sesuai untuk mendapatkan sikat gigi yang berkualitas dan tahan lama selama bertahun-tahun," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sikat Gigi Elektrik

Menurut Creaven, kunci untuk kesehatan mulut yang baik adalah pencegahan. Perawatan gigi yang mahal biasanya untuk mengatasi penyakit yang sudah terjadi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga jadwal menyikat gigi dan flossing secara teratur, serta melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi.

Creaven merekomendasikan sikat gigi sonic atau sikat gigi elektrik sebagai cara yang lebih cerdas untuk membersihkan gigi. Sikat gigi jenis ini terbukti lebih efektif dan menyebabkan lebih sedikit resesi dan trauma pada gusi. "Semakin baik rutinitas perawatan mulut Anda, semakin sedikit pengobatan yang akan Anda butuhkan," kata Creaven.

Creaven menjelaskan bahwa sikat gigi elektrik memiliki gerakan rotasi yang membuat pasta gigi masuk ke area yang sulit dijangkau, di mana gigi berlubang biasanya dimulai. Sikat gigi elektrik juga lebih lembut pada gusi dan menyebabkan lebih sedikit erosi pada gigi.

"Sikat gigi elektrik mendapatkan lebih banyak aksi dari pasta gigi di antara setiap gigi dan garis gusi," kata Creaven.

Hal ini menghasilkan pembersihan yang lebih menyeluruh dan membantu menjaga kesehatan mulut Anda.

3 dari 4 halaman

Memilih Sikat Gigi Elektrik yang Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum memilih sikat gigi elektrik, penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi Anda. Dokter gigi Anda dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang jenis sikat gigi yang harus dipilih, tergantung pada kebutuhan kesehatan Anda.

Salah satu inovasi terbaru dalam sikat gigi elektrik adalah sikat gigi sonic. Sikat gigi ini memberikan getaran dan gerakan sikat yang kuat, dengan beberapa model bahkan mencapai hingga 48.000 getaran sikat per menit. Dr. Creaven, seorang dokter gigi, merekomendasikan jenis sikat gigi ini untuk kliennya.

"Hal hebat tentang sikat gigi elektrik adalah bahwa itu benar-benar menghilangkan aspek kesalahan manusia dalam menyikat gigi Anda," jelas Creaven.

"Banyak sikat gigi ini memiliki sensor tekanan dan timer, ini menghilangkan elemen membuat kesalahan. Saya jarang melihat seseorang melakukan kesalahan dengan sikat gigi sonic dibandingkan dengan sikat gigi manual."

Sikat gigi elektrik biasa dan sikat gigi elektrik sonic memiliki perbedaan utama pada jumlah getaran per detik.

"Jika Anda khawatir tentang sensitivitas gusi Anda, kami biasanya akan merekomendasikan sikat gigi sonic," kata Creaven.

"Saya selalu menyarankan untuk melihat tingkat getaran dan ukuran kepala sikat gigi saat membeli sikat gigi elektrik. Kepala yang lebih kecil akan bekerja lebih keras pada gigi Anda, jika lebih besar akan sangat sulit untuk mencapai gigi belakang Anda, yang merupakan area yang paling penting untuk dijangkau," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Sikat Gigi Elektrik Sebagai Bentuk Investasi

Sikat gigi elektrik lebih mahal di awal, Anda akan menghemat uang dalam jangka panjang. Sikat gigi elektrik hanya membutuhkan penggantian kepala sikat, sehingga mengurangi limbah plastik dan biaya pembelian sikat gigi baru setiap tiga bulan.

Manfaat kesehatan yang ditawarkan sikat gigi elektrik menjadi alasan utama untuk berinvestasi. Creaven menjelaskan bahwa sikat gigi elektrik membantu menghilangkan kesalahan manusia saat menyikat gigi. Sikat gigi elektrik dapat menjangkau semua sudut mulut dan gusi dengan lebih baik, sehingga mengurangi kebutuhan untuk perawatan gigi yang mahal di kemudian hari.

Terlepas dari jenis sikat gigi yang dipilih, menyikat gigi dan flossing (membersihkan gigi dengan benang gigi) dua kali sehari tetaplah kunci utama untuk menjaga kesehatan mulut. Konsultasikan dengan dokter gigi untuk mengetahui jenis sikat gigi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memilih sikat gigi elektrik berarti berinvestasi dalam kesehatan dan kebersihan gigi Anda. Sikat gigi elektrik menawarkan pembersihan yang lebih efektif, menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang, dan membantu Anda mencapai senyum yang sehat dan cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini