Sukses

8 Daftar Makanan agar Kulit Glowing dan Awet Muda, Murah dan Mudah Didapat

Berikut Daftar Makanan agar Kulit Glowing dan Awet Muda

Liputan6.com, Jakarta - Merawat kulit dengan rutin perawatan kulit, menggunakan sunscreen, dan membersihkan wajah dengan benar memang memainkan peran besar dalam kesehatan kulit, tapi jangan lupakan pola makan.

Ahli diet terdaftar dan penulis The Flexitarian Diet, Jackson Blatner, mengatakan, makanan yang dimakan dan gaya hidup yang dijalani akan terlihat pada kondisi kulit Anda.

"Jika menginginkan kulit yang sehat, salah satu faktor utamanya adalah kualitas nutrisi makanan," kata Blatner.

Ada banyak manfaat yang diberikan dari nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Oleh sebab itu, memilih makanan yang mengandung nutrisi tertentu penting untuk meningkatkan kesehatan kulit yang optimal.

Berikut adalah beberapa makanan kaya akan nutrisi yang dapat membuat kulit glowingsehat, dan bercahaya, seperti dilansir dari Shape pada Senin, 13 Mei 2024.

1. Mentimun

Kunci dari kulit yang bercahaya adalah hidrasi. Asupan air sangat penting, karena kulit adalah cerminan langsung dari tingkat kelembapan tubuh.

Mengonsumsi mentimun adalah cara yang sangat baik untuk menambah tingkat hidrasi secara keseluruhan, yang pada gilirannya akan membuat kulit bercahaya.

Mentimun memiliki kandungan air sebanyak 95 persen. Selain itu, yang lebih penting adalah minum air yang cukup. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa minum air dalam jumlah yang cukup (2 liter sehari) dapat meningkatkan hidrasi kulit.

Pilihan makanan kaya air lainnya: semangka, selada, dan blewah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Oyster

Tiram adalah sumber zinc dan mineral lainnya (besi, selenium, tembaga, dll) yang sangat baik yang dibutuhkan dalam jumlah kecil di dalam tubuh. Zinc diperlukan untuk menjaga pertahanan kulit terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. 

Kandungan mineral seperti tembaga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi keriput, dan kekurangan selenium dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap stres oksidatif.

Pilihan kaya mineral lainnya: kacang-kacangan dan biji-bijian, lentil, dan kacang-kacangan

3. Alpukat

Satu penelitian menemukan bahwa konsumsi alpukat setiap hari dapat meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit wajah. Alpukat juga merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak sehat yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

"Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal serta vitamin A dan C, yang penting untuk menjaga jaringan yang kuat dan mencegah kekeringan pada kulit," ujar Bonnie Taub-Dix RD, penulis buku Read it Before You Eat It - Taking You from Label to Table.

Pilihan lain yang mengandung lemak sehat: kacang-kacangan dan biji-bijian, minyak zaitun, dan ikan berlemak

3 dari 5 halaman

4. Ikan Salmon

Salmon adalah makanan yang bagus untuk membuat kulit bercahaya, karena mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, serta protein. 

Asam lemak seperti omega-3, dapat mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan anti penuaan.

"Ikan dan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 membantu menjaga kolagen dan menjaga kekencangan kulit," kata Taub-Dix.

Pilihan kaya omega-3 lainnya: kenari, biji chia, dan biji rami

5. Kaldu Tulang

Kaldu tulang mengandung asam amino (bahan penyusun protein) dan kolagen. Salah satu tugas terpenting protein adalah membangun dan memperbaiki jaringan, karena kulit terus menerus berada dalam siklus pembaharuan.

Selain itu, kandungan kolagen memberikan dukungan struktural untuk berbagai jaringan dalam tubuh, termasuk kulit, tulang rawan, tendon, tulang, dan jaringan ikat.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa suplemen kolagen mungkin memiliki manfaat anti penuaan seperti mengurangi keriput, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi kekeringan.

Pilihan kaya protein lainnya: telur, lentil, dan kacang-kacangan

4 dari 5 halaman

6. Kacang Kenari

Memiliki kandungan protein, lemak sehat, dan vitamin E yang tinggi, kenari merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Kenari mengandung bentuk spesifik vitamin E yang disebut gamma-tokoferol, yang telah terbukti mendukung regenerasi kulit dan mencegah kerusakan kulit.

Pilihan kaya vitamin E lainnya: biji bunga matahari, kacang almond, dan bayam

7. Stroberi

Buah beri, seperti blueberry dan stroberi, adalah makanan kaya antioksidan yang sangat baik. Antioksidan berfungsi untuk melawan oksidasi yang menyebabkan penuaan pada kulit.

Banyak kosmetik mengandung antioksidan seperti vitamin E dan vitamin C yang dapat Anda oleskan pada kulit Anda, tetapi makanan juga dapat bekerja dengan cara yang sama dari dalam tubuh.

"Vitamin C dalam stroberi membantu meningkatkan pembentukan kolagen dan mengurangi efek radikal bebas, membantu menjaga kulit tetap kencang dan awet muda," kata Taub-Dix, R.D. 

Pilihan kaya antioksidan lainnya: raspberry, kubis Brussel, dan tomat

 

5 dari 5 halaman

8. Paprika Merah

Satu porsi atau 1/2 cangkir paprika merah mengandung 106 persen dari nilai vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.

Vitamin C dibutuhkan untuk produksi kolagen, metabolisme protein, dan penyembuhan luka. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan, melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Pilihan kaya vitamin C lainnya: jeruk, brokoli, dan kiwi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini