Sukses

Memahami Kaki Bengkak pada Ibu Hamil, Apa Penyebabnya?

Ibu hamil mungkin tidak menyangka bahwa kaki bisa ikut membengkak seiring lingkar pinggang yang melebar.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika hamil, tubuh ibu mengembang guna mengakomodasi pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Namun, ibu hamil mungkin tidak menyangka bahwa kaki bisa ikut membengkak seiring lingkar pinggang yang melebar.

Pembengkakan pada kaki, kadang-kadang disebut sebagai edema, terjadi pada sekitar delapan dari 10 kehamilan. Hal ini biasanya disebabkan oleh peningkatan cairan yang beredar di seluruh tubuh ibu hamil.

Penderita cenderung merasakan pembengkakan pada tangan, lengan, kaki, atau bahkan wajah pada trimester kedua atau ketiga, meskipun pembengkakan pada kaki khususnya dapat terjadi kapan saja.

“Pembengkakan saat hamil adalah hal yang normal dan wajar terjadi,” kata Sherry Ross, MD, OB/GYN yang berbasis di Santa Monica.

“Jika dipikir-pikir, tubuh Anda memproduksi [kira-kira] 50% lebih banyak volume darah dan cairan tubuh lainnya yang membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.” 2

Meskipun kaki bengkak saat hamil terasa tidak nyaman (dan merepotkan), secara umum hal ini tidak berbahaya bagi Anda atau bayi Anda.

Penyebab Pembengkakan Saat Hamil

Ada beberapa alasan mengapa kaki (dan tubuh!) ibu membengkak selama kehamilan. Yang pertama disebabkan oleh perubahan fisiologis normal yang terjadi saat menggendong bayi. Volume darah Anda terus meningkat seiring perkembangan kehamilan Anda.

“Volume darah total meningkat, tetapi darah tersebut sedikit lebih encer dibandingkan saat di luar kehamilan,” jelas Leah Savitsky, MD, seorang OB/GYN yang memenuhi syarat dan bertindak sebagai instruktur klinis untuk Departemen Obstetri dan Ginekologi di Fakultas Kedokteran UW.

Istilah teknisnya adalah penurunan osmolalitas plasma. Dr. Savitsky menjelaskan bahwa ketika darah encer, akan lebih sulit untuk tetap berada sepenuhnya di dalam pembuluh darah. Beberapa di antaranya bisa bocor ke jaringan sekitarnya, menyebabkan pembengkakan yang Anda lihat.

Pembengkakan bisa terjadi kapan saja selama kehamilan, termasuk pasca melahirkan. Ini paling sering terjadi pada trimester ketiga. Antara minggu ke 28 hingga 42, volume darah hampir dua kali lipat dibandingkan sebelum kehamilan. Namun, pembengkakan kaki dapat terjadi pada setiap tahap kehamilan, dan mungkin tidak hanya disebabkan oleh volume darah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pada Trimester Pertama

Jika Anda baru hamil dan menyadari bahwa tetiba sepatu sudah tidak muat lagi, kaki bengkak mungkin bukan penyebabnya. Relaxin, hormon reproduksi yang bertanggung jawab untuk mengendurkan panggul sebagai persiapan persalinan, dapat meningkatkan ukuran kaki ibu hamil.

“[Relaxin] memungkinkan ligamen, tendon, dan persendian benar-benar rileks dan meregang untuk memungkinkan kelahiran,” kata Dr. Savitsky.

Namun, hormon ini tidak spesifik pada panggul, jadi hormon ini juga memengaruhi kaki ibu hamil dan dapat menyebabkan kaki menjadi rata dan memanjang.

Tingkat relaksin berada pada titik tertinggi selama awal kehamilan, itulah sebabnya Anda mungkin kesulitan menyesuaikan diri selama trimester pertama.

Namun, pembengkakan tiba-tiba di salah satu kaki bisa menjadi perhatian. Waspadai gumpalan darah yang muncul jauh di dalam tubuh disebut trombosis vena dalam (DVT). Jika tidak ditangani, kondisi ini berpotensi berakibat fatal.

Tanda-tanda DVT termasuk pembengkakan yang menyakitkan, kemerahan, dan rasa hangat saat disentuh di area yang terkena.

Penelitian memperkirakan bahwa kehamilan meningkatkan risiko DVT sebanyak lima kali lipat, jadi penting untuk segera mencari pertolongan medis jika Anda menderita gejala-gejala ini.

 

3 dari 4 halaman

Pada Trimester Kedua

Saat memasuki trimester kedua pada minggu ke-13, Anda mungkin menyadari kaki mulai membengkak untuk pertama kalinya.

Mungkin sepatu terasa lebih ketat saat Anda melepasnya di malam hari dibandingkan di pagi hari. Hal ini karena cairan berkumpul di bagian terbawah tubuh Anda seiring berjalannya hari, terutama jika Anda terlalu lama berdiri.

“Rasa sakit, berat, dan kesemutan adalah gejala umum,” kata Dr. Ross.

Berdiri terlalu lama dan berdiri dalam jangka waktu lama juga akan membuat pembengkakan semakin parah.

Meskipun hal ini tidak nyaman, semoga Anda dapat merasa nyaman dengan kenyataan bahwa ini adalah tanda bahwa tubuh melakukan apa yang seharusnya dilakukan, yaitu mempersiapkan persalinan.

“Peningkatan kumpulan cairan di jaringan dan persendian Anda untuk melunakkan tubuh dan mempersiapkan persalinan,” kata Eric Winiarz, DC, seorang chiropractor di New York City.

4 dari 4 halaman

Pada Trimester Ketiga

Pada minggu ke 28, Anda memasuki trimester ketiga. Jika kaki belum pernah membengkak, inilah saat yang paling umum terjadinya pembengkakan.

Jika telah mengalaminya selama kehamilan, Anda mungkin mendapati pembengkakan akan semakin parah.

“Selama trimester ketiga, pertumbuhan rahim memberikan tekanan tambahan pada ekstremitas bawah sehingga pembengkakan semakin terasa di tungkai, kaki, dan pergelangan kaki,” kata Dr. Ross.

Selain peningkatan cairan (yang jumlahnya kini 50% lebih banyak dibandingkan sebelum Anda hamil), berat rahim juga menambah tekanan pada sistem kardiovaskular Anda.

Bayi Anda mendorong pembuluh darah besar yang disebut vena inferior cava. Tekanan ini dapat memperlambat sirkulasi, sehingga mempersulit pergerakan cairan dari kaki dan kembali ke jantung.

“Saat Anda hamil dan berbaring telentang, peningkatan berat bayi dapat menekan pembuluh darah ini dan tidak memungkinkan darah mengalir dengan baik dari ekstremitas bawah,” kata Dr. Winiarz.

Inilah sebabnya mengapa ibu hamil tidak ingin tidur telentang di trimester akhir kehamilan.

Beberapa minggu terakhir kehamilan bisa menjadi masa yang paling menantang. Kabar baiknya adalah Anda akan kehilangan kelebihan cairan beberapa hari setelah melahirkan. Kabar yang kurang menyenangkan adalah kehilangannya melalui peningkatan buang air kecil dan keringat malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.