Sukses

Bukti Ilmiah: Makan Cokelat Bisa Bikin Wanita Paruh Baya Lebih Bahagia

Cokelat Bisa Bikin Wanita Paruh Baya Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cokelat benar-benar dapat membuat wanita paruh baya lebih bahagia.

Mengonsumsinya setiap hari selama delapan minggu terbukti dapat mengurangi perasaan negatif, depresi dan kecemasan. Flavanol antioksidan dalam biji kakao dapat mencegah kerusakan sel, yang mengganggu hormon dan sinyal otak, kata para peneliti seperti dikutip dari The Sun pada Jumat, 22 Desember 2023.

Flavanol paling terkonsentrasi pada varietas kakao yang lebih gelap yang digunakan untuk membuat cokelat.

Dalam studi tersebut, 60 wanita sehat berumur antara 40 dan 60 tahun diberi minuman cokelat atau yang rasanya sama tapi tidak mengandung kakao. Setelah dua bulan, peminum cokelat mengandung kakao mendapat skor lebih baik pada skala suasana hati. Mereka juga mengatakan keramahan dan energi mereka meningkat.

Peneliti Profesor Masakazu Terauchi, mengatakan,"Hasil kami menunjukkan pada wanita paruh baya, ekstrak kakao dapat mengurangi depresi, kelelahan, kecemasan dan meningkatkan suasana yang positif."

"Flavanol kakao mungkin makanan berguna yang dapat meningkatkan mood wanita paruh baya," Masakazu menambahkan.

Penelitian yang dilakukan oleh Tokyo Medical and Dental University ini didanai oleh merek cokelat Jepang.

Manfaat Kesehatan dari Cokelat

Tidak hanya bermanfaat untuk suasana hati, cokelat juga ternyata memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat makan cokelat seperti dikutip dari Medical News Today:

Satu studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Para peneliti menyelidiki apakah cokelat batangan yang mengandung flavanol kakao memiliki efek pada kadar kolestrol.

Para penulis penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi cokelat batangan secara teratur dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Makan Cokelat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Penelitian yang dipublikasikan di The BMJ menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Penulis menyimpulkan bahwa tingkat konsumsi cokelat yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko gangguan kardiometabolik yang lebih rendah.

3. Makan Cokelat Menjaga Otak Tetap sehat

 

Para ilmuwan di Harvard Medical School, Boston AS menyarankan minum dua cangkir cokelat panas sehari dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mengurangi penurunan memori pada orang tua.

Peneliti menemukan bahwa cokelat panas membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak.

Penulis utama, Farzaneh A Sorond, mengatakan,"Karena area otak yang berbeda membutuhkan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas, area otak membutuhkan membutuhkan aliran darah yang lebih besar."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini