Sukses

Kucing Mengabaikan Pemilik, Bisa Jadi Sedang Ingin Sendiri dan 4 Alasan Lainnya

Ada banyak alasan kucing menghindari pemiliknya. Bisa jadi sedang ingin sendiri atau kesal dengan pemilik.

Liputan6.com, Jakarta Kucing mlengos saat disapa, diberi makanan kesukaan pun masa bodoh, lalu ketika digendong pun kabur. Hal tersebut bisa membuat pemilik kucing keheranan dengan sikap si anak bulu (anabul).

Penting untuk kembali ditekankan bahwa kucing bukanlah anjing yang membutuhkan perhatian pemilik dan suka interaksi sosial.

"Kucing jauh lebih mandiri dari anjing. Memang hewan ini masih membutuhkan interaksi sosial, tapi mereka mencarinya dengan cara mereka sendiri dan biasanya tidak meminta perhatian," kata dokter hewan Sandra C. Mitchell.

Sandra mengatakan bahwa ada banyak alasan kucing menghindari pemiliknya. Bisa jadi sedang ingin sendiri atau sedih. Berikut selengkapnya mengutip PetMD, Sabtu (28/10/2023).

1. Kucing Ingin Sendiri

Ini alasan paling sederhana dan umum. Kucing adalah hewan yang memiliki emosi serta suasana hati sendiri. Jika kucing tidak ingin dielus atau makan, kemungkinan besar hanya akan mengabaikan pemilik dan memilih hal yang disukai.

"Jika kucing melakukan hal wajar, santai sesuka hatinya tanpa melibatkan Anda, jangan ambil pusing. Biarkan kucing sendiri dan biarkan mendatangi Anda saat butuh perhatian," kata Sandra.

2. Kucing Tua Tak Dengar Pemilik

Semakin tua kucing, pendengaran dan penglihatan tidak sebaik dulu. Maka ada kemungkinan alasan mengabaikan pemilik gara-gara tak mendengar dan melihat Anda.

"Bergerak sedikit lebih lambat membantu agar kucing menyadari kehadiran Anda. Biarkan ia yang memutuskan pergi sendiri atau bermain dengan Anda," kata Sandra.

Jika kucing terlihat lesu atau sakit dan tidak merespons Anda, lebih baik bawa ke dokter hewan. Bisa jadi ini kondisi darurat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kucing Merasa Terancam atau Stres

Sebagian besar kucing memilih untuk mengabaikan sesuatu yang mereka anggap ancaman atau hal yang bikin stres.

Jika pemilik pernah menghukum atau memberi perlakukan kasar ke kucing di masa lalu, mungkin saat ini, kata Sandra, kucing melihat sosok itu sebagai ancaman.

"Bila kucing terus melarikan diri, bersembunyi dan mencoba menghindar, mundur dan beri dia ruang. Coba beri kasih sayang kepadanya," saran Sandra.

Kucing bisa punya ingatan panjang hingga berbulan-bulan kemudian. Jadi, jangan patah semangat bila dalam satu bulan belum membalas kasih sayang Anda.

3 dari 4 halaman

4. Kucing Sakit

"Bukan hal aneh jika kucing menjadi tertutup ketika sedang tidak sehat," kata Sandra.

Bila kucing memperlihatkan tanda-tanda tidak seperti biasanya misal menjadi lebih diam, banyak minum lebih dari biasanya, tak nafsu makan, maka lebih baik ke dokter hewan untuk mengetahui kondisi kesehatan si anabul.

5. Kucing Kesal

Kucing tampak sangat mandiri dan somboh tapi kenyataanya hewan berkaki empat satu ini punya emosi yang lembut."Perlakuan yang keras atau kasar sedikit saja bisa membuat dia kesal," kata Sandra.Dan, umumnya kucing adalah hewan pemaaf. Memberi makanan kesukaan akan membuat dia kembali jadi sosok menyenangkan jika memang Anda yang melakukan hal yang bikin dia kesal.

4 dari 4 halaman

Jika Perilakunya Mendadak Berubah, Kenapa?

Perubahan yang terjadi pada kucing secara mendadak kemungkinan besar ada pemicu. Seperti ada hewan peliharaan baru di rumah, kehadiran bayi, perubahan jadwal kerja pemilik, pindah rumah.Bisa juga kucing sakit tapi tak langsung memperlihatkan gejala yang parah.

"Jika Anda memperhatikan bahwa kucing Anda tiba-tiba mengalami perubahan perilaku (termasuk mengabaikan Anda) yang tidak dapat dijelaskan dengan alasan tertentu, segera periksakan kucing Anda dan lakukan pemeriksaan darah," saran Sandra.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini