Sukses

4 Komplikasi Dehidrasi Akibat Cuaca Panas Terik, Bisa Sebabkan Kematian

Hati-hati komplikasi dehidrasi akibat cuaca panas terik.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca panas terik di Indonesia yang masih terus berlanjut harus menjadi kewaspadaan terhadap adanya risiko dehidrasi. Pastikan Anda mengambil segelas air yang tinggi. Apalagi bila Anda sudah mulai merasakan tanda-tanda dehidrasi.

Anjuran minum delapan gelas air putih setiap hari tentunya sering Anda dengar. Jika terbiasa melakukannya, berarti kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi.

Bagaimana jika yang terjadi justru sebaliknya? Kurang minum bisa menyebabkan timbulnya dehidrasi atau kekurangan cairan

Dehidrasi sendiri adalah suatu kondisi saat Anda kehilangan begitu banyak cairan tubuh sehingga tubuh Anda tidak dapat berfungsi secara normal. Hal ini terjadi ketika Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda konsumsi.

Dehidrasi dapat terjadi pada hari yang sangat panas jika Anda berkeringat banyak atau jika Anda sakit demam, diare, atau muntah. Dehidrasi juga dapat terjadi jika Anda tidak minum cukup air, atau jika Anda mengonsumsi obat yang meningkatkan produksi air seni (urin).

Ketika Anda tidak terhidrasi dengan baik, respons alami tubuh Anda adalah rasa haus. Anda harus segera merespons rasa haus dengan minum cairan - sebaiknya air putih. Anda biasanya dapat mengatasi dehidrasi ringan dengan minum lebih banyak cairan.

Namun, dehidrasi tidak selalu mudah dikenali. Hal ini dapat ditemukan pada lansia yang lupa minum air atau bayi yang rewel dan tidak dapat mengatakan bahwa mereka haus.

Melansir Cleveland Clinic pada 21 September 2023, pastikan orang yang Anda cintai tetap terhidrasi. Jika Anda atau orang yang Anda cintai mengalami dehidrasi sedang hingga parah, Anda mungkin perlu pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan cairan infus. Jika tidak diobati, dehidrasi parah dapat berakibat fatal.

Apakah dehidrasi dapat menyebabkan demam?

Tidak, dehidrasi biasanya tidak menyebabkan demam. Namun, banyak penyakit dan gangguan yang menyebabkan demam juga dapat menyebabkan dehidrasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Dehidrasi dapat Menyebabkan Mual?

Ya, dehidrasi dapat menyebabkan disorientasi dan sakit kepala akibat dehidrasi. Otak adalah salah satu organ dengan kandungan air yang paling tinggi. Jadi, tidak heran kalau saat tubuh kekurangan cairan, misalnya ketika sedang kepanasan dan haus, sulit untuk bisa fokus atau konsentrasi, bahkan sampai muncul sakit kepala.

Salah satu gejala sakit kepala ini adalah mual dan muntah.

Apa saja komplikasi dehidrasi?

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala dehidrasi berat, segera dapatkan perawatan medis. Dehidrasi berat dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk:

  1. Ketidakseimbangan elektrolit.
  2. Penyakit yang berhubungan dengan panas seperti sengatan panas (heatstroke).
  3. Gangguan ginjal, termasuk batu ginjal dan gagal ginjal.
  4. Syok, kejang, kerusakan otak, koma, bahkan kematian.
3 dari 4 halaman

Apa Saja Faktor Risiko Dehidrasi?

Siapa pun dapat mengalami dehidrasi jika tidak minum cukup air. Bayi dan anak-anak memiliki risiko yang lebih tinggi karena mereka mungkin tidak dapat menyampaikan bahwa mereka haus.

Hal ini sangat penting terutama saat mereka sakit. Pastikan untuk memantau jumlah cairan yang diminum anak Anda.

Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas juga memiliki risiko yang lebih tinggi. Terlebih lagi, mereka yang tidak minum banyak air putih dan tidak dapat mengetahui dengan mudah ketika mereka haus.

Jika Anda adalah seorang pengasuh, terutama untuk seseorang yang memiliki gangguan ingatan, tawarkan mereka minuman sesering mungkin. Bahkan jika mereka mengalami infeksi yang tidak nyaman seperti ISK (infeksi saluran kemih), mereka tetap perlu mengonsumsi cairan.

Apa yang harus dilakukan jika dehidrasi?

Jika Anda mengalami dehidrasi, jangan tunda untuk minum saat merasa haus. Rasa haus merupakan “kode” dari tubuh, saat ia kekurangan cairan. Pada situasi yang panas, rasa haus yang dibiarkan dapat berkembang menjadi dehidrasi, dan tidak menutup kemungkinan terjadi heat stroke.

Minumlah banyak cairan seperti air putih, labu siam encer, atau jus buah. Ini jauh lebih efektif daripada teh atau kopi dalam jumlah besar. Bila perlu, kamu juga bisa mengonsumsi elektrolit tambahan untuk menjaga cairan di tubuh. Ada banyak minuman elektrolit kemasan yang bisa dikonsumsi.

Minuman bersoda mungkin mengandung lebih banyak gula daripada yang Anda butuhkan dan mungkin lebih sulit untuk dikonsumsi dalam jumlah besar.

Sebagaimana informasi dari NHS Inform, jika Anda merasa sulit untuk minum air karena muntah, cobalah minum dalam jumlah kecil lebih sering.

Bayi dan anak kecil yang mengalami dehidrasi tidak boleh diberikan air putih dalam jumlah besar sebagai cairan pengganti utama. Ini karena hal tersebut dapat mengencerkan kadar mineral yang sudah rendah dalam tubuh mereka terlalu banyak dan menyebabkan masalah lain.

Sebagai gantinya, mereka harus diberi oralit yang diencerkan atau larutan rehidrasi (tersedia di apotek). Jika tidak ditangani, dehidrasi berat dapat menjadi serius dan menyebabkan kejang-kejang, kerusakan otak, dan kematian.

4 dari 4 halaman

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Temui dokter Anda jika gejala-gejala Anda terus berlanjut, meskipun sudah minum banyak cairan atau jika Anda merasa bayi atau balita Anda mengalami dehidrasi.

Jika dokter Anda mencurigai adanya dehidrasi, Anda mungkin akan menjalani tes darah atau tes urine untuk memeriksa keseimbangan garam (natrium dan kalium) dalam tubuh.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gejala-gejala berikut:

  • sangat haus
  • merasa sangat lelah (lesu) atau bingung
  • tidak buang air kecil selama delapan jam
  • detak jantung yang cepat
  • pusing saat Anda berdiri yang tidak hilang setelah beberapa detik

Anda juga harus menghubungi dokter jika bayi Anda mengalami enam episode diare atau lebih dalam 24 jam terakhir atau jika mereka muntah tiga kali atau lebih dalam 24 jam terakhir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini