Sukses

Sering Pakai Lip Balm tapi Bibir Tetap Kering? Ini 3 Penyebabnya

Ada banyak hal dalam lip balm yang dapat membuat bibir kering bahkan pecah-pecah menjadi lebih parah

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik bibir kering, mungkin terasa seperti perjuangan berat tiada akhir untuk menjaga kulit bibir tetap terhidrasi. Kika bibirmu kering terus-menerus, mungkin kamu penasaran mengapa begitu sulit menjaga kelembapannya.

Lalu, sudah pakai lip balm atau pelembap bibir tapi kok ya tetap saja bibir kering bahkan nyaris pecah-pecah. Kenapa ya? 

Dokter kulit bersertifikat Joyce Park, M.D., menjelaskan tiga pemicu umum bibir kering dan pecah-pecah yang mungkin diabaikan. Bahkan bisa saja karena tidak pakai lip balm yang tepat.

“Ada banyak hal dalam lip balm yang dapat membuat bibir pecah-pecah menjadi lebih parah,” jelasnya di  video.

Nah, inilah hal yang perlu diingat jika merasa mengalami bibir kering:

1. Bahan-bahan

Lip balm pilihanmu mungkin mengandung beberapa bahan yang bisa mengiritasi area bibir.

“Pertama-tama, bahan-bahannya,” katanya, sambil menekankan bahwa mentol, pewangi, dan asam adalah penyebab umum yang harus diwaspadai.

Menthol, misalnya, sering ditambahkan untuk mendapatkan sensasi dingin, segar dan semriwing. Tentu saja mungkin terasa menyegarkan saat bersentuhan, namun hal itu tidak memberikan banyak manfaat bagi kulitmu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan-Bahan Lip Balm

Molekul wewangian pada dasarnya sangat mudah menguap (baik itu alami atau sintetis). Hal ini membuatnya berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit dan itulah sebabnya banyak ahli dermatologi menyarankan orang dengan kulit sensitif untuk menghindarinya sama sekali.

Terakhir, asam sering kali ditambahkan untuk memberikan pengelupasan kulit atau bahkan efek mengenyalkan. Meskipun pengelupasan kulit secara lembut dapat bermanfaat bagi bibir jika dilakukan secara bertanggung jawab, asam bukanlah sesuatu yang harus kamu oleskan pada kulitmu setiap hari, hanya beberapa kali sehari.

 

3 dari 4 halaman

Air Liur Penyebab Bibir Kering

2. Membasahi Bibir dengan Air Liur

Banyak orang yang mengetahui untuk tidak menjilat bibir apapun yang terjadi, tetapi terkadang godaannya terlalu kuat.

"Jika kamu terus-menerus membasahi bibir dengan air liur malah bisa membuat bibir kering menjilat bibir, air liur akan mengeringkannya,'' katanya.

3. Formula lip balm secara keseluruhan

"Yang terakhir, lip balm kamu mungkin tidak memiliki kombinasi bahan yang tepat. Anda memerlukan humektan dan oklusif dalam formulanya," katanya.

Humektan adalah bahan yang menarik dan menahan air, membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Tubuhmu sebenarnya membuat beberapa humektan secara alami (seperti asam hialuronat, yang sekitar 50% pasokannya1 ditemukan di kulit).

 

 

4 dari 4 halaman

Pilih Produk Lip Balm Terbaik

Dalam formula perawatan kulit, keduanya dapat berasal dari tumbuhan atau laboratorium. Beberapa yang Park sebutkan dan rekomendasikan: asam hialuronat, gliserin, urea, dan sorbitol.

Bahan-bahan oklusif hanyalah bahan-bahan yang membantu "menjebak" hidrasi. Pastikan untuk menemukan pilihan yang bebas iritasi dan memiliki keseimbangan bahan yang tepat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini