Sukses

Pelesir ke Ho Chi Minh Vietnam Kini Lebih Mudah, Kok Bisa?

Ho Chi Minh adalah kota terbesar dan paling dinamis di Vietnam. Untuk sampai ke Ho Chi Min, warga Indonesia kini cukup naik pesawat satu kali.

Liputan6.com, Hanoi - Vietnam memiliki pesona wisata tersendiri. Salah satu kota yang menjadi destinasi wisata utama di Vietnam adalah Ho Chi Minh yang merupakan kota terbesar dan paling dinamis di Vietnam.

Untuk sampai ke Ho Chi Minh, warga Indonesia kini tak perlu repot, cukup naik pesawat satu kali. Maskapai swasta Vietnam, Vietjet, kini membuka rute baru, penerbangan langsung (direct flight) antara Jakarta dan Kota Ho Chi Minh yang diluncurkan pada 5 Agustus 2023.

Upacara peluncuran maskapai ini dihadiri oleh Ketua Majelis Nasional Vietnam, Vuong Dinh Hue, dan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Arsjad Rasjid, bersama dengan pemimpin perwakilan dan perusahaan dari kedua negara.

Acara peluncuran berlangsung dalam kerangka Forum Hukum dan Kebijakan yang mempromosikan kerja sama di bidang Ekonomi, Perdagangan, dan Investasi antara Vietnam dan Indonesia.

Jadwal penerbangan rute langsung Jakarta - Ho Chi Minh City tersedia tujuh kali dalam seminggu dengan durasi penerbangan tiga jam. Selama penerbangan, para penumpang akan dilayani oleh para pramugari berseragam merah yang merupakan orang asli Vietnam.

Di dalam pesawat, para penumpang kelas bisnis akan dijamu dengan beberapa menu makanan, termasuk makanan khas Vietnam seperti pho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penerbangan Harian Jakarta – Ho Chi Minh

Penerbangan harian berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK) di Jakarta pukul 13:30 WIB dan tiba di Bandara Internasional Tan Son Nhat (SGN) di Kota Ho Chi Minh pukul 16:40 (waktu setempat). Tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dengan Ho Chi Minh.

Sementara, penerbangan dari Kota Ho Chi Minh berangkat pukul 09:35 dan tiba di Jakarta pukul 12:30 WIB.

Guna merayakan peluncuran rute baru ini, Vietjet menawarkan promo tiket untuk rute Jakarta-Ho Chi Minh City dan Bali-Ho Chi Minh City/Hanoi.

Wisatawan Indonesia sekarang bisa mendapatkan tarif dasar mulai dari Rp0 atau sekitar Rp 900.000 per penerbangan termasuk pajak dan biaya tambahan. Saat memesan tiket, pilih "Cari tarif terendah".

Tiket promo dapat diperoleh setiap Rabu, Kamis, dan Jumat hingga akhir tahun ini. Waktu terbang untuk tiket promo ini adalah dari 10 Agustus 2023 hingga 31 Maret 2024 (tidak termasuk hari libur umum).

Maskapai juga menawarkan asuransi perjalanan Sky Care gratis untuk semua penumpang. Ini tidak tergantung kelas tiket.

Selain rute baru Ho Chi Minh City - Jakarta, maskapai juga akan meningkatkan jumlah penerbangan antara Bali, Ho Chi Minh City, dan Hanoi, menawarkan 84 penerbangan per minggu antara Indonesia dan Vietnam mulai tanggal 12 Agustus.

3 dari 5 halaman

Miliki Dampak Positif yang Signifikan

Direktur Transportasi Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia, Putu Eka Cahyadi, menyampaikan, rute baru ini akan membawa angin segar bagi industri penerbangan kedua negara.

“Rute langsung baru Vietjet akan memiliki dampak yang signifikan dan positif pada industri penerbangan dan perjalanan antara Indonesia dan Vietnam,” katanya.

“Dua negara ini memiliki posisi penting dalam blok ASEAN dan wilayah Asia-Pasifik yang lebih luas. Kami menyambut baik dan mengekspresikan komitmen kami untuk mendukung maskapai seperti Vietjet dalam upaya mereka untuk meningkatkan konektivitas udara antara Indonesia dan Vietnam," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Perjalanan Indonesia – Vietnam Jadi Lebih Mudah Dijangkau

Sementara, Vietjet Vice President Nguyen Thanh Son mengatakan bahwa rute ini membuat perjalanan dari Indonesia ke Vietnam menjadi lebih mudah dijangkau.

"Vietjet dengan senang hati memulai layanan langsung baru yang menghubungkan Jakarta dan Kota Ho Chi Minh, yang akan membuatnya lebih mudah dan terjangkau bagi warga Indonesia untuk mengunjungi Kota Ho Chi Minh dan Vietnam, kata Nguyen Thanh Son.

“Lebih banyak penerbangan langsung antara Indonesia dan Vietnam akan menciptakan lebih banyak peluang perjalanan tanpa hambatan, kolaborasi bisnis, dan meningkatkan perdagangan bilateral, pariwisata, serta pertukaran budaya," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Tingkatkan Konektivitas Udara

Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, turut mengucapkan selamat atas peluncuran rute baru ini.

"Kami sangat senang menyambut Vietjet sebagai maskapai terbaru yang melayani penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta,” katanya.

Dia yakni, dengan tarif efisien dan layanan udara yang baik, maskapai ini akan menambah nilai konektivitas bandara dalam melayani penerbangan Indonesia dan internasional. Termasuk meningkatkan konektivitas udara antara kedua negara dan di wilayah Asia-Pasifik serta dunia.

“Jaringan domestik yang luas di Vietnam juga akan menawarkan lebih banyak pilihan bagi penumpang yang ingin menjelajahi tujuan lain di Vietnam," ucap Ananda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.