Sukses

5 Cara Mengatasi Kucing yang Masih Buang Air Sembarangan

Kucing yang buang air sembarangan tentu menjengkelkan. Bagaimana cara mengatasinya?

Liputan6.com, Jakarta - Kucing yang buang air sembarangan di berbagai tempat tentu menjengkelkan. Namun, alih-alih berfokus kepada kekesalan, perlu disadari bahwa ada yang tidak beres dengan mereka.

Kucing bisa buang air di luar bak pasir karena mereka tidak suka dengan lingkungan bak pasirnya atau mungkin ada masalah perilaku atau medis. Hal ini disampaikan oleh ahli perilaku dan pelatihan kucing, Samantha Bell.

Bell menjelaskan bahwa kucing tidak buang air sembarangan hanya untuk menyakiti hati pemiliknya.

"Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang masalah bak pasir adalah anggapan bahwa anabul buang air di luar bak karena mereka marah pada Anda. Itu sama sekali tidak benar,” jelas Bell kepada Daily Paws.

Mengapa Kucing Buang Air Sembarangan?

Bell menyampaikan bahwa ada tiga alasan di balik perilaku yang menjengkelkan ini, yaitu masalah lingkungan, perilaku, dan masalah medis.

"Selalu periksakan kucing ke dokter hewan sebelum mencari tahu penyebab perilaku kucing," kata Bell.

Setelah dokter hewan memastikan tidak ada masalah medis, saatnya mencari tahu apakah ada masalah lingkungan atau perilaku yang mempengaruhi kucing.

Menurut Bell, yang terpenting adalah selalu menunjukkan cinta dan kesabaran pada mereka, terutama ketika ia mengalami masalah buang air.

"Mengomel atau menghukum kucing karena tidak menggunakan bak pasir bukan hanya tidak efektif, tetapi juga dapat merusak hubungan Anda dengan kucing. Pendekatan terbaik adalah bersabar dan meluangkan waktu serta usaha untuk mencari tahu cara membantu mereka," tutur Bell.

Lantas,  bagaimana cara menghentikan kucing buang air sembarangan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Cara Atasi Kucing Buang Air Sembarangan

Periksakan ke Dokter Hewan

Setiap kali kucing buang air di luar bak pasir, Bell menganjurkan hal pertama yang harus dilakukan adalah membawa mereka ke dokter hewan.

Menurut Bell, ada beberapa kondisi medis umum yang bisa membuat kucing Anda buang air di luar bak pasir, seperti infeksi saluran kemih (ISK), diabetes, hipertiroidisme, kristal dalam urine, gagal ginjal, batu ginjal cystitis.

Buatlah Tempat Bak Pasir yang Disukai oleh Kucing 

Penting bagi kucing untuk memiliki pilihan bak pasir yang disukai.

Para ahli merekomendasikan setidaknya satu bak pasir per kucing. Bak pasir yang ideal memiliki ukuran minimal satu setengah kali panjang tubuh kucing, dan kebanyakan kucing lebih suka bak pasir tanpa penutup

Saat kucing buang air adalah saat yang rentan bagi mereka, jadi letakkan bak pasirnya di tempat yang jauh dari area dengan banyak aktivitas dan suara yang mengejutkan. 

3 dari 4 halaman

Bantu Kucing Merasa Aman, Nyaman, dan Tanpa Stres

Ketika kucing buang air di luar bak pasir, itu adalah cara mereka untuk menandai wilayah dan menunjukkan bahwa mereka tidak merasa percaya diri di rumah. 

Menurut Bell, kucing mungkin buang air di tempat yang tidak biasa untuk menghilangkan bau asing atau di barang kesayangan Anda. Ini dilakukan untuk mencampur bau Anda dan mereka agar merasa nyaman.

Jika Anda dapat menghilangkan sumber stres, misalnya dengan menutup tirai untuk menyembunyikan pandangan kucing lain yang suka mengganggu, lakukanlah.

"Jika penyebab stres dapat diidentifikasi tetapi tidak dapat dihilangkan (seperti adanya bayi), bantu kucing secara perlahan merasa nyaman dengan situasi stres tersebut dengan bermain dan memberikan camilan atau makanan yang sangat disukai di dekat sumber stres," kata Bell.

4 dari 4 halaman

Metode Pengurangan Sensitivitas dan Penguatan Positif

Jika kucing mengalami pengalaman buruk saat buang air, seperti ISK yang menyakitkan, mereka mungkin menjadi takut dengan bak pasir mereka.

Namun, menurut Bell, hal ini bisa diatasi dengan metode pengurangan sensitivitas dan penguatan positif. Metode ini berarti secara perlahan memperkenalkan kucing pada bak pasir dan memberi mereka hadiah saat mereka membuat kemajuan.

"Dalam pengurangan sensitivitas, Anda harus memberikan hadiah pada kucing ketika mereka melihat, mendekati, atau menyelidiki bak pasir," jelas Bell.

Namun, kucing suka membuat pilihan mereka sendiri, jadi hindarilah keinginan untuk memasukkan kucing ke dalam bak pasir.

"Selalu biarkan mereka menjelajahi dengan kecepatan mereka sendiri, dan berikan hadiah sepanjang perjalanan," kata Bell.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.