Sukses

Alasan Sebenarnya Kucing Takut Air, Bikin Bulu Berat dan Kedinginan

Kebanyakan kucing menghindari air. Mereka cenderung lebih memilih untuk berada di bawah sinar matahari.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua kucing takut air tapi sebagian besar akan menghindarinya. Uniknya, kucing suka air yang mengalir atau minum dari keran, tetapi tidak suka air yang tergenang.

Menurut dokter hewan di Organisasi Penampungan dan Penyelamatan Hewan Peliharaan Bideawee, Eve Elektra Cohen mengatakan ini terjadi karena gerakan, suara, dan cahaya air mengalir.

"Daya tariknya kemungkinan lebih tentang gerakan air, suara yang dihasilkannya, dan cahaya yang memantul darinya. Ini merangsang insting berburu yang kuat pada kucing," kata Cohen kepada Reader's Digest.

Menurut ahli lain, kucing telah berkembang dan lebih memilih minum air dari keran yang bersih dan aman daripada minum air yang tergenang di alam. 

Lebih Suka Di Bawah Sinar Matahari

Kucing yang lucu dan nyaman untuk dipeluk berasal dari keturunan Felis silvestris lybica, yaitu jenis kucing liar kecil yang hidup di lingkungan kering dan gurun di Timur Tengah.

Karena air sangat terbatas di sana, kucing-kucing ini tidak suka bermain di air dan lebih suka menjaga kaki dan bulunya tetap kering serta berjemur di bawah sinar matahari di tengah gurun.

Kebiasaan menyukai sinar matahari ini kemungkinan juga diwariskan kepada kucing domestik modern, yang suka meregangkan diri di tempat yang terkena sinar matahari saat tidur siang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Membuat Bulu Kucing Terasa Tidak Nyaman

Jika seekor kucing yang penasaran terjatuh ke dalam bak mandi atau terjebak di luar saat hujan, mungkin ia akan menghindari air selama sisa hidupnya.

Mengapa kucing tidak suka air setelah mengalaminya? Meskipun kita tidak dapat menjelaskannya, Cohen memiliki teori tentang hal ini.

"Ketika kucing menjadi basah, bulu mereka menjadi lebih berat, dingin, dan tidak nyaman. Bulu kucing juga dapat memerlukan waktu lama untuk kering dengan sendirinya," kata Cohen.

"Aspek ketidaknyamanan lainnya adalah mereka adalah makhluk yang lincah dan cepat, serta ringan di kakinya sehingga terampil dalam melompat dan menyeimbangkan diri. Ketika berada di dalam air, gerakan mereka mungkin menjadi terbatas karena air memperlambat gerakan mereka dan mereka merasa kehilangan kendali,” tambahnya.

Cukup satu pengalaman buruk saja dapat membuat kucing membenci air selamanya.

3 dari 4 halaman

Kucing Bukan Makhluk Yang Suka Air

Kucing memang tidak terlalu suka air karena itu sudah menjadi sifat bawaan mereka. Mereka dulunya hidup di daerah yang kering dan jarang terdapat sungai dan danau. Namun, tidak semua kucing akan takut jika mereka mendengar suara air mengalir dari bak mandi

Sebenarnya, beberapa kucing tertarik dengan air dan suka bermain di dalamnya. 

Namun, apakah mereka suka berenang? Tergantung pada masing-masing kucing, karena ada yang penasaran dengan air dan suka bermain, tapi ada juga yang tidak.

Beberapa jenis kucing yang suka air juga termasuk jenis kucing yang bisa tinggal bersama anjing. Contohnya Abyssinian, Turkish Van, Maine Coon, Norwegian Forest Cat, Bengal, dan American Shorthair.

Jenis kucing ini memiliki tekstur rambut yang berbeda sehingga lebih tahan air, sehingga mereka merasa nyaman dan bahkan bisa menikmati air.

Fakta uniknya, menurut Kasten, beberapa ras kucing ternyata suka berenang.

4 dari 4 halaman

Takut Pada Hal yang Tak Biasa

Kucing tidak menyukai hal-hal yang tidak biasa seperti kala ditempatkan di bak mandi atau kolam renang, itu bisa menjadi hal yang menakutkan bagi mereka.

Menurut dokter hewan di Tomlyn Veterinary Science, Jennifer Kasten, reaksi pertama kucing mungkin adalah rasa takut karena hal yang tidak biasa.

Jika pemilik menggunakan pistol semprot atau botol semprot untuk menakuti kucing, itu bisa memperburuk rasa takut kucing pada air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.