Sukses

Alasan Kucing Suka Menjilati Pemiliknya, Bisa Jadi Tanda Sayang

Mengapa kucing suka menjilat pemilknya? Ternyata, alasannya bisa jadi bentuk tanda cinta atau cara menghibur diri mereka sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing saling menjaga kebersihan satu sama lain. Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing di rumah, mungkin pernah melihat satu kucing menjilati wajah kucing lain. 

Perilaku ini mungkin tampak menggemaskan bagi siapa pun yang melihatnya. Namun, bukan cuma sesama kucing, anak bulu satu ini juga suka menjilati pemiliknya.

Kenapa sih mereka begitu? Berikut alasan mengapa kucing menjilat pemiliknya, menurut Reader’s Digest. 

Ternyata, ini adalah tanda baik bahwa Anda telah diterima ke dalam lingkungan kucing Anda. Pada dasarnya, kucing Anda mencintai Anda. 

Konsultan Kedokteran Hewan di DogLab di Amerika Serikat, Sara Ochoa,  mengatakan, "Bagi kucing, tidak masalah bahwa Anda manusia. Mereka akan memperlakukan Anda dengan cara yang sama seperti anggota kelompok mereka," kata Ochoa.

Menurut pelatih hewan peliharaan sehat dan direktur komunikasi Treatibles, Jodi Ziskin, kucing merupakan komunikator yang sangat baik.

"Mereka menggunakan mata mereka, kepala, dan vokalisasi untuk menyampaikan pesan mereka. Cubitan lembut atau jilatan ringan adalah cara menunjukkan kasih sayang,” jelas Ziskin.

Menurut Ziskin, hewan peliharaan juga dapat menunjukkan kasih sayang dengan menggeram, merapat, atau menggosokkan kepala mereka pada tubuh Anda.

Namun bukan cuma tanda sayang, ada beberapa makna lain ketika kucing menjilati pemiliknya. Mulai dari stres hingga sedih. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghibur Diri Sendiri

Kucing umumnya merawat diri sendiri. Terkadang, kecemasan mereka dapat menjadi berlebihan. Hal ini membuat mereka suka menjilat berlebihan.

"Beberapa kucing menjilati ketika mereka merasa stres, sebagai cara untuk menghibur diri sendiri," kata Ziskin.

"Mereka juga mungkin menjilati diri sendiri atau orang yang mereka sayangi. Jika jilatan berlangsung dalam waktu yang lama, kemungkinan besar itu terkait dengan stres,” tambahnya.

Jika kucing Anda merasa dekat dan terikat dengan Anda, mereka mungkin menjilati Anda dan diri mereka sendiri. Hal ini dapat membantu mereka meredakan stres.

Jika kucing Anda memiliki area yang botak atau Anda melihat mereka terus-menerus menjilati diri sendiri, segera konsultasikan ke dokter hewan.

3 dari 4 halaman

Menjilat dan Mencium, Sama Atau Beda?

Apakah Anda pernah memperhatikan kucing Anda menjadi lebih perhatian ketika Anda merasa sedih?

Ochoa mengatakan bahwa jika Anda sakit atau merasa stres, kucing Anda mungkin akan menjilati Anda. Ini merupakan bentuk bantuan dari mereka untuk menenangkan Anda atau membuat Anda merasa lebih baik.

Menurut Ochoa, kucing memiliki indra yang sangat baik terhadap penyakit pada anggota kelompok mereka. Jadi, jika Anda merasa kurang sehat, sangat mungkin bagi kucing untuk menemani Anda.

Sebagaimana ditulis Reader’s Digest, memiliki hewan peliharaan dapat membuat bahagia dan mengurangi stres. Jadi, bermain atau berpelukan dengan kucing mungkin dapat membantu Anda merasa lebih baik.

4 dari 4 halaman

Kucing Menggigit Lalu Menjilat, Normal Nggak Sih?

Kucing kadang-kadang menggigit dirinya sendiri sebagai bagian dari proses pembersihan bulu. Terkadang, menggigit dengan kecil dan halus merupakan bagian dari usaha mereka untuk 'merawat' Anda. 

Gigitan kecil merupakan cara lain untuk menunjukkan kasih sayang. Hal ini juga bisa menjadi cara mereka untuk mengajak Anda bermain.

Namun, hal ini juga bisa berarti bahwa mereka ingin Anda meninggalkan mereka sendiri. 

Untuk mengetahui mana yang dimaksudkan, Anda harus melihat pada bahasa tubuh mereka yang lain. Jika telinga mereka terangkat dan menunjuk ke arah Anda, itu adalah sinyal untuk bermain. Namun, jika datar berarti berhenti atau ingin sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.