Sukses

Diet Ketat dan Rajin Berolahraga, Pemilik Bobot 380 Kg Berhasil Turun Berat Badan Sebanyak 270 Kilogram

Bintang Casey King yang berbobot sekitar 380 kg berhasil diet dan menjalankan operasi penurunan berat badan

Liputan6.com, Jakarta - Setelah rajin berolahraga dan diet selama empat tahun, bintang reality show, Casey King, yang pernah memiliki berat badan di atas 380 kilogram berhasilkan menurunkan hampir dua pertiga dari total bobotnya.

Casey King yang berumur 38 tahun adalah salah satu sosok yang membuktikan bahwa kerja keras dan keuletan akan membuahkan hasil yang membahagiakan.

Casey diketahui pernah menjalani operasi bariatrik pada 2019 yang membantunya dalam proses penurunan berat badan, yang membuatnya mengikis sekitar 270 kilogram berat tubuhnya.

"Saya hanya akan makan sampai saya mati," kata King dalam reality show Family by the Ton dikutip dari situs New York Post.

"Hari yang normal bagi saya adalah bangun sekitar jam 12, mencaritahu apa yang akan saya makan, (dan kemudian) menonton TV, bermain video game, tidur. Tidak banyak aktivitas," lanjutnya.

Yang Terjadi Sebelum Casey King Diet

Dalam serial tersebut, King mengklaim bahwa dia selalu menjadi 'anak gemuk' dengan berat sekitar 130 kg saat dia di sekolah menengah. Setelah lulus, dia bekerja di restoran dan mulai makan lebih banyak lagi.

Beberapa tahun kemudian, dia berhenti bekerja dan pindah bersama ayahnya, di mana berat badannya melonjak hingga 380 kg.

Kenaikan berat badan yang luar biasa ini membuatnya sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari --- termasuk mandi. Hal ini disebabkan ukuran tubuhnya tidak memungkinkan dia masuk ke kamar mandi.

Dia juga kesusahan menggosok beberapa bagian tubuh yang sulit dijangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mulai Menurunkan Berat Badan

"Saya butuh sedikit bantuan ayah saya untuk membersihkan diri karena tidak bisa menjangkau seluruh bagian punggungku dan saya tidak bisa menjangkau tubuh bagian bawah," akunya di reality show tersebut.

King pertama kali bertemu ahli bedah Dr. Charles Procter Jr. dalam serial tersebut, sebelum kemudian sadar harus menurunkan berat badannya. Ibu King membantunya memulai proses penurunan berat badan dengan diet yang lebih sehat dan olahraga secara rutin.

"Kami bercanda mengatakan bahwa ibu saya adalah seseorang yang sangat keras," sindirnya di acara itu. "Dia lebih mengontrol apa yang saya makan, berapa banyak yang saya makan dan terkadang sangat ketat dengan diet saya yang membuat saya berpikir untuk cheating. Saya tidak bangga akan hal itu. Diet menyebalkan."

King akhirnya menjalani gastrektomi lengan vertikal untuk mengecilkan perutnya dan membuatnya makan lebih sedikit. Operasi itu membuat bobotnya turun dari sekitar 317 kg ke 286 kg. Dengan pencapaiannya tersebut, dia terus berusaha menurunkan berat badannya selama empat tahun terakhir.

3 dari 4 halaman

Jadi Kisah Inspiratif

Dia juga aktif membagikan transformasi tubuhnya melalui akun instagram miliknya. Pada November 2021 silam, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-37, King memposting bahwa berat badannya turun menjadi 116 kg.

Dalam caption-nya, ia menjelaskan bahwa ia merasa lebih sehat ketimbang saat SMA dan juga merasa sangat gembira dan mencintai tubuhnya.

Bintang inspiratif ini bahkan memberikan tips untuk menurunkan berat badan bagi siapa saja yang mungkin membutuhkannya, termasuk banyak minum untuk menjaga tubuh terhidrasi dan menghindari minuman manis.

Dia juga mengatakan bahwa mengonsumsi protein yang tidak diolah dengan cara digoreng atau diberi dimarinasi dengan bahan tinggi gula adalah bagian penting dari dietnya.

"Menemukan pilihan yang sehat tidak terlalu buruk. Tidak sesulit itu. Anda hanya harus pintar," ujar King kepada para pengikutnya. "Jadilah seaktif mungkin. Masukkan aktivitas ke dalam segala hal. Temukan sesuatu yang Anda minati untuk dapat aktif," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Lakukan Hal yang Diminati

Sebagai contoh, King suka mendaki dan berlari, sehingga dia melakukan kedua hal itu. "Lakukan apa pun yang cocok untuk Anda," tegasnya.

King mengatakan bahwa menurunkan berat badan juga mengubah caranya berpikir, beraktivitas, dan dengan kata lain seluruh hidupnya. Dia berjanji tidak akan kembali menjadi King yang dulu lagi, tetapi tidak akan melupakannya. Dia juga sangat berterima kasih atas semua dukungan yang ditunjukkan orang-orang padanya.

Sekarang, berat badan King sudah turun menjadi 113 kg. Dia berencana menurunkan sekitar 11 kg lagi. Setelah mencapai tujuannya, King mengungkapkan akan membereskan masalah kulitnya yang bergelambir.

King mengaku ingin menjalani operasi untuk menghilangkan kelebihan kulit yang menggantung di perut, dada, dan lengannya akibat obesitasnya dulu.

"Saya terus mendapat pertanyaan soal kulit. Mungkin suatu hari nanti saya akan menemukan solusinya. Namun, untuk saat ini saya lebih fokus pada penurunan berat badan dan menjaganya tetap stabil."

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini