Sukses

Siapa Sangka, Rutin Potong Rambut Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

Lantas, apa saja manfaat potong rambut secara rutin yang jarang diketahui?

Liputan6.com, Jakarta Potong rambut menjadi salah satu aktivitas yang rutin dilakukan banyak orang. Selain membuat penampilan lebih menarik, juga memberikan kesan rapi. Meski sudah tersedia tukang cukur sampai salon profesional, nyatanya ada beberapa orang yang malas potong rambut dengan beragam alasan.

Padahal potong rambut secara rutin ini memberikan manfaat tersendiri, terutama bagi kesehatan rambut. Hal ini karena potong rambut termasuk bagian dari perawatan rambut. Lantas, apa saja manfaat potong rambut secara rutin yang jarang diketahui?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kerusakan Rambut Bisa Dicegah Lebih Awal

Manfaat pertama dari rutin potong rambut adalah mencegah terjadinya kerusakan rambut lebih awal. Seperti diketahui salah satu tanda kerusakan rambut ini berupa rusaknya kutikula atau lapisan pelindung.

Akibatnya, kutikula bisa patah dan terlepas, sehingga membentuk ujung yang tajam. Imbas lebih jauh, helai-helai rambut jadi saling bergesekan. Rambut pun jadi gampang rusak, kasar dan kusut. Supaya hal tersebut tak sampai terjadi, potonglah rambut secara rutin.

3 dari 5 halaman

Rambut yang Mengembang Dapat Dihindari

Lebih lanjut, rajin potong rambut ini juga dapat mencegah terjadinya rambut yang mengembang. Alasannya, karena kutikula lebih terlindungi, sehingga rambut jadi tidak mudah patah.

Adapun peran kutikula ini amat vital, karena dapat mengunci kelembapan rambut. Inilah sebabnya, saat lapisan kutikula mengalami kerusakan, biasanya memicu terjadinya rambut kering, mengembang hingga sulit diatur.

4 dari 5 halaman

Menata Rambut Jadi Lebih Mudah Dilakukan

Jika termasuk orang yang suka banget menata rambut, maka sebaiknya rutin memotong rambut. Kenapa? Rambut yang terlalu panjang, hanya akan membuat rambut susah ditata, karena kusut, bercabang dan berantakan.

Lagipula rambut yang terlalu panjang, menatanya juga susah sekaligus lama. Dengan rutin memotong rambut, maka rambut jadi tak berantakan serta lebih mudah ditata sesuai model atau gaya rambut yang diharapkan.

5 dari 5 halaman

Ujung Rambut yang Bercabang Dapat Dihilangkan

Semakin panjang helainya, maka ujung rambut akan semakin mudah bercabang. Di samping bisa membuat rambut terlihat kurang rapi dan indah, ujung rambut yang bercabang dapat menyebabkan kerusakan tidak tak terduga hingga ke akar rambut.

Selain itu, rambut bercabang juga dapat memicu rambut rapuh, patah, sulit diatur sampai mengalami penipisan. Itulah kenapa jika sudah panjang sebaiknya dipotong. Paling tidak bagian ujung-ujungnya dirapikan, dengan begitu bagian yang bercabang bisa dihilangkan. Risiko kerusakan rambut pun dapat dihindari.

Di samping rajin memotong rambut, jangan lupa rutin keramas pula. Sesuaikan sampo maupun kondisionernya yang sesuai dengan jenis rambut. Dengan begitu, rambut jadi lebih terawat dan gampang ditata sesuai keinginan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini