Sukses

10 Soft Skill Penting untuk Dikuasai Agar Bisa Sukses di Usia Muda

Sejumlah soft skill penting ini dapat membantu meraih sukses karir dan di kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Meraih sukses di usia muda membutuhkan kombinasi seimbang antara hard skill dan soft skill. Tak hanya fokus pada kemampuan hard skill, sejumlah soft skill penting juga perlu dikuasai. Di era globalisasi dengan kolaborasi dan inovasi menjadi kunci dalam dunia kerja, penguasaan soft skill menjadi semakin penting dikuasai setiap individu untuk bisa mencapai tujuan dan kesuksesan, baik di tempat kerja maupun kehidupan sehari-hari.

Secara umum, hard skill merujuk pada keterampilan yang dapat diukur secara konkret, seperti keahlian dalam pemrograman komputer, keterampilan teknis dalam penggunaan perangkat lunak, atau pengetahuan dalam bidang ilmu tertentu. Sedangkan, soft skill lebih berkaitan dengan keterampilan non-teknis yang berkaitan dengan aspek interpersonal dan pengelolaan diri, seperti kemampuan komunikasi yang efektif, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, dan kerja sama tim yang baik.

Hard skill memberikan dasar yang kuat untuk mencapai kinerja berkualitas, sementara soft skill membantu seseorang memperkuat hubungan dengan orang lain dan memfasilitasi kolaborasi untuk bisa lebih produktif. Nah, berikut ini adalah beberapa soft skill penting untuk dikuasai agar bisa sukses di usia muda.

1. Public Speaking

 

Kemampuan public speaking atau kemampuan untuk berbicara dengan jelas, meyakinkan, dan tegas di depan orang banyak, menjadi salah satu soft skill yang penting kamu kuasai, lho. Orang yang bisa berbicara dengan lancar biasanya terlihat lebih rileks, percaya diri, dan bikin suasana jadi lebih asyik. Kalau kamu bisa berbicara dengan baik, kamu bisa jual apa saja, nggak hanya produk, tapi juga ide, pemikiran, dan masih banyak lagi. Jadi, bisa dibilang kemampuan berbicara ini dapat membuka pintu kesempatan yang lebih lebar.

2. Self Management (Manajemen Diri)

Self-management atau manajemen diri jadi kunci untuk mencapai kesuksesan di berbagai bidang, termasuk pekerjaan. Artinya, kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik, punya kebiasaan produktif yang efektif, dan tentunya punya kedisiplinan untuk tetap konsisten melangkah menuju tujuanmu. 

3. Critical Thinking (Pikiran Kritis)

Critical Thinking atau pikiran kritis itu penting banget di dunia yang penuh dengan informasi. Kamu harus bisa mengevaluasi informasi yang ada, memilah yang berguna dari yang nggak, dan menghubungkannya dengan yang lain. Kemampuan ini nggak hanya bikin kamu lebih cerdas dalam menghadapi tantangan sehari-hari, tapi juga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, serta membuatmu lebih siap dalam menghadapi perubahan dan tantangan yang datang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Menulis

Skill menulis itu jauh lebih dari sekadar keterampilan dasar, lho. Kemampuan ini membuka pintu ke berbagai kesempatan di berbagai bidang. Menulis dengan baik bisa membuat kamu menyampaikan ide dan pemikiran secara jelas dan persuasif. Nah, Ini penting di dunia profesional, di mana kemampuan untuk mengkomunikasikan gagasan dengan jelas bisa mempengaruhi kesuksesan.

5. Pengambilan Keputusan

Soft skill penting untuk dikuasai selanjutnya adalah pengambilan keputusan. Tanpa kemampuan ini, kamu mungkin akan terjebak dalam situasi dimana kamu nggak tahu harus bertindak seperti apa. Maka dari itu, dengan memiliki kemampuan pengambilan keputusan yang baik, kamu dapat merespons dengan cepat dan tepat terhadap tantangan yang dihadapi, membedakan diri sebagai seseorang yang proaktif dan mampu mengatasi berbagai situasi.

6. Research

Nggak ada seorangpun yang bisa tahu segalanya. Bahkan dalam bidangmu sendiri, kemungkinan besar lebih banyak yang nggak kamu ketahui daripada yang kamu ketahui. Oleh karena itu, kemampuan untuk melakukan penelitian dengan baik sangat berharga. Kamu bisa memperluas pengetahuan, memahami berbagai sudut pandang, menemukan solusi untuk masalah, dan mengambil keputusan yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

7. Networking

Networking nggak hanya soal mencari teman atau klien, lho. Tapi juga sebagai jaringan dimana ide-ide bergerak dan lahir. Punya jaringan luas itu nggak hanya menyambungkan kamu dengan sekelompok orang, tapi juga dengan sekelompok hubungan. Nah, hubungan-hubungan itu lebih dari sekadar rangkaian individu, karena dari interaksi di dalamnya, lahirlah inovasi dan kreativitas. Jangan sampai melewatkan soft skill penting untuk dikuasai ini.

8. Matematika

Jangan khawatir, matematika nggak harus bikin kepala pusing. Tapi, kemampuan untuk dengan cepat mengolah angka membuat perkiraan kasar tapi cukup akurat, dan paham tentang hal-hal matematika mendasar bisa memberimu keunggulan besar lho dibanding orang lain. Semua ini akan membantu kamu menganalisis data dengan lebih efisien, cepat serta membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang kamu miliki.

9. Relaxation

Stres nggak hanya merugikanmu, tapi juga mengakibatkan pengambilan keputusan yang buruk, pemikiran yang buruk, dan kurangnya interaksi sosial. Kalau kamu nggak beristirahat, kamu menghilangkan setidaknya tiga keterampilan tersebut. Jadi, lebih baik bisa mengatur kapan seharusnya kamu beristirahat. Dengan begitu, kamu memberi kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk pulih dari tekanan. 

10. Akuntansi Dasar

Akuntansi dasar penting karena membantu kamu mengelola keuangan dengan lebih baik. Skill ini juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mengatur anggaran dan melacak tagihan. Di tempat kerja, kemampuan ini membantu dalam mengelola proyek dan membuat laporan keuangan. Jadi, mempelajari akuntansi dasar memberikan fondasi penting untuk mengelola keuangan dengan baik.

Itulah 10 soft skill penting untuk dikuasai agar sukses dalam segala hal! Dari kemampuan berbicara di depan umum hingga kemampuan akuntansi dasar, setiap soft skill memberikan kontribusi besar dalam meraih kesuksesan kamu!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.