Sukses

Laki-Laki Idaman, Ini 11 Sifat pada Pria yang Dicari Wanita Saat Mencari Pasangan

Dalam mencari pasangan, sifat merupakan salah satu yang terpenting.

Liputan6.com, Jakarta - Menemukan pasangan yang tepat adalah dambaan setiap orang. Bagi wanita, menemukan laki-laki idaman yang dapat menjadi suami dan ayah yang ideal merupakan hal yang penting.

Salah satu hal yang paling diperhatikan oleh seorang wanita adalah sifatnya, karena fisik dan penampilan saja tidak bisa menentukan seberapa baiknya seseorang. 

Dilansir Mind Body Green, menurut seorang ahli hubungan, Babita Spinelli dan seorang sosiolog dan seksolog klinis, Jennifer Gunasullus, terdapat 11 sifat yang dicari oleh seorang wanita pada laki-laki.

1. Empati

Menurut Gunsaullus, banyak wanita yang mendambakan koneksi emosional yang kuat dengan pasangannya. "Mereka ingin pasangan, suami mereka, untuk dapat memahami dan berbagi perasaan serta sudut pandang mereka," jelas Gunsaullus.

Spinelli pun menyetujui hal ini. Ia mengatakan bahwa wanita menghargai pria yang berempati dan mampu memahami pengalaman dan emosi pasangannya. "Kemampuan ini menumbuhkan hubungan yang lebih dalam dan pemahaman bersama," ujar Spinelli.

Koneksi emosional ini menjadi fondasi penting dalam membangun hubungan yang langgeng dan bahagia. Ketika pasangan saling memahami dan terhubung secara emosional, mereka dapat lebih mudah menghadapi berbagai rintangan dan permasalahan bersama.

2. Dapat Diandalkan

Spinelli menjelaskan bahwa bagi wanita, rasa aman dan keandalan dalam hubungan merupakan hal yang penting. "Mereka mencari pria yang memenuhi janji, hadir ketika diperlukan, dan menunjukkan konsistensi dalam pilihan dan tindakan mereka," ujar Spinelli.

Sifat ini membangun kepercayaan dan stabilitas dalam hubungan, memungkinkan wanita untuk merasa aman dan terbuka dengan pasangannya.

Gunsaullus menambahkan bahwa dapat mengandalkan pasangan bukan berarti kodependensi. Hal ini lebih kepada ketergantungan yang sehat di mana Anda saling mendukung dan menciptakan rasa aman untuk menjadi rentan.

"Anda saling membantu untuk berkembang dan membangun hubungan yang kuat dan langgeng," jelas Gunsaullus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. Percaya Diri

Kepercayaan diri yang sehat merupakan salah satu sifat yang menarik bagi wanita. Berbeda dengan arogansi, kepercayaan diri memancarkan keyakinan diri dan ketegasan, yang menurut Spinelli, "sangat menarik bagi wanita."

Pria yang percaya diri juga membawa aura ketenangan bagi wanita. Hal ini menunjukkan bahwa dia siap menghadapi berbagai rintangan dan memberikan dukungan yang dibutuhkan.

Kepercayaan diri ini tidak berarti harus sombong atau egois. Pria yang percaya diri sejati adalah dia yang yakin dengan kemampuannya tanpa harus merendahkan orang lain. Dia juga memiliki rasa aman yang tinggi dan tidak mudah terintimidasi oleh orang lain.

4. Bertanggung Jawab

Menurut Gunsaullus, wanita menghargai pria yang bertanggung jawab dan mampu mengambil alih konsekuensi atas tindakan mereka. Pria yang cenderung mengabaikan masalah atau mencari alasan tidak akan menarik bagi wanita.

"Wanita ingin pasangan mereka mengakui dampak [perilaku mereka] pada orang lain dan kemudian bekerja untuk memperbaikinya daripada membenarkannya," jelas Gunsaullus.

3 dari 6 halaman

5. Keamanan Emosional

Keamanan emosional merupakan fondasi penting dalam membangun hubungan yang sehat dan langgeng, terutama bagi banyak wanita. Spinelli menjelaskan, "Wanita mencari pria yang dapat menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung untuk ekspresi emosional."

Merasa aman secara emosional memungkinkan wanita untuk bebas mengekspresikan perasaan mereka tanpa takut dihakimi atau diejek.

Ketika pria dapat memberikan ruang bagi wanita untuk berbagi emosinya, memahami perasaannya, memberikan dukungan emosional, dan menunjukkan empati, wanita akan merasa aman dan nyaman dalam hubungan tersebut.

"Hal ini pada akhirnya menciptakan keintiman dan hubungan yang lebih dalam," jelas Spinelli.

Gunsaullus menambahkan bahwa keamanan emosional juga dapat meningkatkan keintiman seksual dalam hubungan. "Ketika kita memiliki hubungan hati yang kuat, seringkali lebih mudah bagi wanita untuk mau terbuka secara seksual," katanya.

4 dari 6 halaman

6. Integritas

Integritas, yang didefinisikan sebagai "kualitas dari menjadi jujur dan memiliki prinsip moral yang kuat," merupakan salah satu pilar penting dalam membangun hubungan yang sehat dan langgeng.

Hal ini diungkapkan oleh Gunsaullus, yang menekankan bahwa pria yang hidup dengan integritas adalah orang yang jujur dan selalu sejalan dengan prinsip moralnya.

Lebih dari sekadar kata-kata, integritas diwujudkan dalam tindakan nyata. "Seorang pria yang jujur dan bertindak dengan integritas memupuk kepercayaan dan dengan demikian, keamanan," jelas Spinelli.

Kepercayaan ini merupakan aspek penting dari keamanan emosional. Ketika seorang wanita merasa dia dapat mempercayai pasangannya, dia akan merasa aman dan nyaman dalam hubungan tersebut.

7. Komunikatif

Komunikasi yang efektif merupakan kunci utama dalam membangun hubungan yang sehat dan langgeng.

Spinelli dengan tegas menyatakan, "Wanita menghargai pria yang bisa mengekspresikan diri secara terbuka dan jujur, mendengarkan dengan aktif, dan mengkomunikasikan pikiran dan perasaan mereka dengan hormat."

Hal ini, menurutnya, "memupuk kepercayaan dalam hubungan."

Bagi wanita, komunikasi memegang peranan penting. Gunsaullus menekankan bahwa bahkan sekadar bercerita tentang apa yang Anda alami di hari kerja pun merupakan kesempatan penting untuk terhubung dan membangun hubungan yang lebih kuat.

"Ini adalah cara bagi wanita untuk merasa terhubung dan aman. Semakin dalam Anda memahami seseorang, semakin Anda dapat terhubung dengannya, semakin aman Anda merasa," tambahnya.

5 dari 6 halaman

8. Saling Menghormati

Saling menghormati merupakan salah satu pilar penting dalam membangun hubungan yang sehat dan langgeng.

Spinelli menegaskan bahwa "Wanita menginginkan pria yang memperlakukan mereka dengan martabat, menghormati batasan mereka, dan menghargai pendapat dan otonomi mereka."

Perilaku yang penuh rasa hormat ini, menurut Spinelli, akan menumbuhkan "pengagungan dan apresiasi bersama" dalam hubungan. Hal ini menciptakan fondasi yang kuat untuk membangun kemitraan yang sehat dan memuaskan.

9. Kehati-hatian

Kehati-hatian dalam hubungan merupakan sebuah konsep yang menandakan bahwa Anda selalu mempertimbangkan pasangan Anda saat membuat keputusan.

Hal ini berarti Anda memikirkan mereka dalam hal-hal besar maupun kecil, dan menunjukkan kepedulian terhadap perasaan dan kebutuhan mereka.

Spinelli menjelaskan, "Kehati-hatian adalah salah satu kualitas yang sangat diinginkan wanita dalam sebuah hubungan. Artinya, apakah orang ini memikirkan saya?

Apakah mereka memikirkan pengalaman subjektif saya? Apakah dia menunjukkan kehati-hatian dalam tindakannya, komunikasinya, dan pilihannya?"

6 dari 6 halaman

10. Humor

Siapa yang tidak senang menghabiskan waktu dengan seseorang yang bisa membuat mereka tertawa? Seperti yang dikatakan Gunsaullus, beberapa momen terbaik dalam hidup adalah saat kita tertawa terbahak-bahak dan merasa bahagia.

Bagi banyak wanita, humor yang baik, terutama humor yang selaras dengan selera humor mereka sendiri, merupakan kualitas yang sangat dihargai dalam pasangan.

Spinelli menjelaskan, "Bagi wanita yang mencari pasangan yang humoris, kualitas ini dapat membantu menjembatani kesenjangan komunikasi, meringankan suasana hati pada saat-saat sulit, dan meningkatkan keintiman dalam hubungan."

11. Memiliki Ambisi

Menurut Spinelli, banyak wanita tertarik pada pria yang menunjukkan ambisi dan semangat. "Rasa memiliki tujuan dan motivasi sangatlah inspiratif bagi wanita," jelasnya, "terutama bagi mereka yang juga memiliki visi hidup tertentu dan menginginkan pasangan yang dapat memahami dorongan dan ambisi mereka sendiri serta keinginan untuk mencapai prestasi."

Pria yang ambisius dan bersemangat menunjukkan bahwa mereka memiliki arah dan tujuan dalam hidup.

Mereka memiliki mimpi dan aspirasi yang ingin mereka capai, dan mereka bersedia bekerja keras untuk mewujudkannya. Kualitas-kualitas ini dapat sangat menarik bagi wanita yang mencari pasangan yang sama-sama termotivasi dan ingin mencapai hal-hal hebat dalam hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.