Sukses

Kamu Vertigo? Hindari 3 Jenis Makanan dan Minuman Ini!

Namun yang harus kamu tahu, vertigo sebenarnya bukan penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Merasa mual, muntah, sakit kepala, berkeringat, telinga berdengung, dan merasa berputar ketika mata dibuka atau ditutup adalah beberapa gejala vertigo. Namun yang harus kamu tahu, vertigo sebenarnya bukan penyakit. 

Vertigo merupakan tanda adanya masalah pada otak dan telinga bagian dalam maupun saraf sensorik. Umumnya gejala ini menyerang lansia usia di atas 65 tahun, namun nggak jarang gejala tersebut juga dirasakan mereka yang berusia produktif. 

Selain itu, vertigo juga berkaitan dengan beberapa penyakit, seperti diabetes, migrain, multiple sclerosis, dan bahkan beberapa orang mencantumkan vertigo sebagai efek samping. 

Nah, buat kamu yang pernah mengalami gejala ini, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari seperti dikutip laman Healthdigest berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hindari Cokelat

Bagi pencinta cokelat dan kamu yang mengalami vertigo, ada baiknya menghindari cokelat. Laman WebMD menjelaskan, migrain vestibular (migrain yang bertahan hingga berjam-jam) dapat menyebabkan vertigo. 

Migrain yang melibatkan telinga bagian dalam ini menyebabkan berbagai masalah keseimbangan. Maka dari itu, ada baiknya kamu menghindari cokelat karena mengandung tingkat manis yang tinggi. 

Hindari pula minuman yang tinggi gula. Itu karena makanan dan minuman manis atau tinggi gula dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga. Hal inilah yang meningkatkan gejala vertigo. 

 

3 dari 4 halaman

2. Hindari Keju

Vertigo yang terkait migrain disarankan untuk menghindari keju namun jenis tertentu. Misalnya mozzarella, cheddar, dan parmesan. Itu karena keju-keju tersebut mengandung asam amino tiramin yang tinggi dan berpotensi meningkatkan gejala vertigo. 

 

4 dari 4 halaman

3. Hindari Kafein

Dijelaskan sebelumnya kalau cokelat dapat memicu migrain vestibular yang menyebabkan vertigo. Selain cokelat, minuman lain seperti kopi, minuman berenergi, dan teh juga berdampak buruk karena kandungan kafein yang tinggi. 

Mengonsumsi kafein nggak dalam jumlah moderat alias berlebihan dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit hingga membuat vertigo jadi lebih parah. 

Untuk menjaga kesehatan dari serangan vertigo, ada baiknya kamu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ya, konsumsi air putih penting untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh. 

Saat kamu mengalami dehidrasi, vertigo dapat muncul dan meningkat gejalanya karena otak bergantung pada peredaran darah. Ada baiknya kamu juga mengonsumsi air mineral yang berkualitas. 

Pilihlah air mineral yang berasal dari sumber mata air pegunungan dan mengandung kalsium, magnesium, sodium, potassium, nitrat, bikarbonat, sulfat dan klorida dalam setiap tetesnya. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan air mineral berkualitas sebelum dan setelah bangun tidur. 

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini