Sukses

Asah Ingatan Anak dengan Bermain dan Belajar Bahasa

Beberapa orangtua berasumsi bahwa belajar secara terus menerus akan meningkatkan memori anak-anaknya dan membantunya untuk lebih tersambung ke dalam buku.

Semua orangtua pasti mengetahui bahwa semua pekerjaan yang tidak membuat anak-anak bermain sangatlah membosankan. Banyak dari orangtua, meski pun tahu itu tapi seringkali mengabaikannya.

Beberapa orangtua berasumsi bahwa belajar secara terus menerus akan meningkatkan memori anak-anaknya dan membantunya untuk lebih tersambung ke dalam buku.

Pada saat bersamaan, kegiatan fisik tidak diakui oleh banyak orangtua karena dinilai cukup stres dan hanya membuang-buang waktu saja. Menariknya, justru kegiatan seperti inilah yang dapat meningkatkan kemampuan memori dan meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Seperti dilansir boldsky, Kamis (21/2/2013) ada beberapa kegiatan yang tidak hanya menyenangkan untuk anak-anak, tapi juga dapat membantu meningkatkan memorinya.

1. Belajar bahasa baru

Memang aneh kedengarannya, kalau ternyata bahasa memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan memori seorang anak. Beradaptasi dan belajar bahasa baru mampu memberikan latihan ke otak dan memberikan latihan kepada bahasa otak lebih baik laik lagi.

Mempelajari fungsi baru memungkinkan memori anak menjadi sangat baik, perhatian dan konsentrasinya pun semakin baik. Hal seperti ini juga meningkatkan pengetahuan umum kita.

2. Permainan pikiran

Dalam rangka memperkuat fungsi otak, permainan pikiran sangatlah penting.  Permainan ini bukanlah sesuatu yang sulit, namun permainan ini sedikit menantang. Permainan pikiran dianggap sebagai 'vitamin otak' karena dapat membantu dalam meningkatkan memori dan meningkatkan kecepatan menghafal.

Permainan seperti ini membantu dalam berpikir serta memproses informasi yang lebih cepat. Beberapa permainan pikiran terlibat dalam menghafal urutan dan objek. Mengekspos otak kita untuk kegiatan seperti ini membantu kita untuk lebih percaya diri pada tugas-tugas memori seperti mengingat peristiwa-peristiwa penting.

Ini sangat penting terutama ketika Anda tumbuh menjadi tua dan memiliki sejarah yang patut untuk dikenang

3. Puzzle

Ini adalah salah satu permainan yang dapat melibatkan banyak pemikiran. karena sebagian besar dari teka-teki tersebut menantang, makan dianggap sebagai permainan yang baik untuk otak.

Banyak teka-teki seperti teka-teki matematika yang sangat bagus untuk merangsang otak anak.

4. Kegiatan koordinasi

Kegiataan koordinasi adalah teknik terbaik untuk melatih otak Anda. Permainan seperti bola basket dan beberapa video game dianggap penting karena kedua tangan yang terlibat untuk melakukan batas tertentu sehingga koordinasi terbentuk.

Terlepas dari permainan tersebut, alat musik baik dianggap sebagai kegiatan yang baik untuk koordinasi. (Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini