Sukses

Bisakah Semua Orang Bernyanyi?

Pada dasarnya semua orang dapat bernyanyi. Namun...

Liputan6.com, Jakarta - Kemampuan bernyanyi dengan indah merupakan hasil kombinasi dari bakat bawaan dan usaha tanpa henti seseorang. Namun sayangnya, tidak semua suara orang enak didengar.

Penyanyi yang baik dilahirkan dengan "instrumen" luar biasa, yang mencakup paru-paru dengan kapasitas vital yang sangat baik, kontrol pernapasan yang luar biasa, dan laring yang memungkinkan mereka untuk meregangkan dan menekan pita suara mereka untuk mencapai jangkauan vokal yang diinginkan.

Mengutip Science ABC, bentuk dan ukuran faring dan rongga hidung juga berkorelasi dengan kemampuannya bernyanyi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aspek psikologis seseorang juga memainkan peran utama

Aspek psikologis seseorang juga memainkan peran utama dalam kemampuan mereka untuk bernyanyi. Mereka yang yakin dengan nyanyiannya memiliki peluang sukses yang lebih tinggi dalam musik daripada mereka yang meragukan diri dan bakatnya.

Selain itu, orang-orang yang telah mengenal musik sejak usia muda dan dibesarkan di lingkungan yang mendukungnya bernyanyi memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi ahli dalam hal itu.

Elemen lain yang sangat penting yang membuat beberapa orang bernyanyi dengan indah dan yang lainnya buruk adalah masalah nada suara, yang juga dikenal sebagai intonasi.

3 dari 4 halaman

Manusia dapat mengenali nada yang berbeda dan menirunya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebagai manusia, kita dapat mengenali nada yang berbeda dan menirunya pada sebuah instrumen, meskipun mungkin sulit bagi sebagian dari kita untuk mendengar nada dan menciptakan kembali suara dengan suara kita.

Hal ini menunjukkan bahwa kita sebenarnya memiliki kemampuan bawaan untuk "mengenali" nada.

Namun ketika nada yang kita tirukan tidak sesuai ketajaman suara yang dimaksud, maka nyanyian Anda kemungkinan akan dianggap "buruk".

Reporter: Lianna Leticia

4 dari 4 halaman

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.