Sukses

Kasus Omicron Ada 152, 6 Diantaranya Transmisi Lokal

Dari 152, ada enam temuan kasus Omicron yang merupakan transmisi lokal.

Liputan6.com, Jakarta Bertambah 16 kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia. Hal ini membuat kasus Omicron di Tanah Air menjadi 152.

"Ada tambahan 16 dibandingkan dua hari lalu. Semuanya berasal dari pelaku perjalanan luar negeri," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers PPKM pada 3 Januari 2022 siang.

Dari 152, ada enam temuan kasus Omicron yang merupakan transmisi lokal. Artinya orang tersebut terpapar tanpa adanya perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir.

"Sebagian besar transmisi lokal di Jakarta tapi ada juga yang ditemukan di Medan, Bali, dan Surabaya," kata Budi.

Mengingat sudah ada transmisi lokal, Budi mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada. Disiplin menjalankan protokol kesehatan adalah kunci mencegah penularan lebih luas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Pasien Omicron di RI

Budi juga menjelaskan dari 152 temuan kasus Omicron di RI, setengah diantaranya tidak menunjukkan gejala. Lalu, setengah lagi menunjukkan gejala ringan.

"Artinya tidak butuh oksigen, saturasi di atas 95 persen."

Per hari ini, Budi menyampaikan 34 orang dari 152 kasus Omicron yang sudah sembuh. Mereka sudah pulang kembali ke rumah masing-masing.

Bila menilik data global terjadi peningkatan kasus Omicron yang cepat. Minggu ini ada 408 ribu kasus Omicron, padahal seminggu lalu di kisaran 148 ribu. Sebaran kasusnya sudah ada di 132 negara.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.