Sukses

3 Alasan Perut Kembung Saat Bangun Pagi dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah tiga alasan utama mengapa Anda mungkin mengalami perut kembung di pagi hari, dan apa yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa tidak nyaman yang menyertainya.

Liputan6.com, Jakarta - Sering kali rasa kembung (bloating) muncul setelah makan besar atau ketika makan sesuatu yang tidak cocok dengan perut. Namun apakah Anda kerap kali mengalami perut kembung ketika bangun di pagi hari?

Dengan begitu banyaknya waktu yang berlalu antara waktu makan terakhir dan saat bangun, mungkin membingungkan untuk memahami dari mana gas dan udara yang tidak diinginkan ini berasal.

Jika mendapati diri Anda terbangun dengan perut kembung, tubuh mungkin mencoba memberi tahu beberapa informasi penting tentang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari Mindbodygreen pada Selasa, 14 Mei 2024, berikut adalah tiga alasan utama mengapa Anda mungkin mengalami perut kembung di pagi hari, dan apa yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa tidak nyaman yang menyertainya.

1. Tubuh Membutuhkan Hidrasi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga tubuh berfungsi pada kapasitas optimalnya, dan apabila secara konsisten tidak minum cukup air bisa jadi penyebab perut kembung.

"Saya rasa tidak ada yang lebih penting atau bermanfaat daripada memulai hari dengan segelas air putih sebelum Anda makan apa pun," kata psikiater holistik dan anggota mbg Collective, Ellen Vora, M.D., kepada mbg.

"Ini adalah cara terbaik untuk mendorong tubuh Anda agar buang air besar secara memberikan manfaat menyeluruh dan akan memberikan perasaan untuk memulai hari dengan perut yang tenang."

Buang air besar secara teratur adalah cara lain untuk mencegah kembung di pagi dan malam hari. Tetap menjaga tubuh terhidrasi dapat membantu membuat perut lebih baik saat bangun tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kesehatan Usus Anda perlu Diperhatikan

Menjaga keseimbangan mikrobioma usus sangat penting untuk membuat tubuh merasa nyaman, dan jika ada yang tidak beres dengan kesehatan usus, Anda mungkin akan merasa kembung di pagi hari (atau bahkan sepanjang hari).

"Penyebabnya mungkin karena ketidakseimbangan mikrobiota usus seseorang, antara mikroorganisme yang menguntungkan dan yang tidak menguntungkan dalam saluran pencernaan," demikian dijelaskan oleh ahli penyakit dalam bersertifikat, Vincent Pedre, M.D.

Usus mengandung sekitar 500 hingga 1.000 spesies bakteri. Dan pergeseran terkecil dalam dominasi relatif bakteri-bakteri ini dapat memengaruhi cara kerja usus Anda.

Menambahkan suplemen berkualitas tinggi ke dalam rutinitas harian Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memasok bakteri baik yang dibutuhkan usus.

Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan untuk menambahkan makanan kaya probiotik seperti sup miso, asinan kubis, dan kombucha ke dalam menu makanan.

3 dari 4 halaman

3. Anda Sedang Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa stres, dan ternyata hal ini sebenarnya dapat mempengaruhi usus hingga menyebabkan rasa kembung di pagi hari, terutama jika Anda sering merasa cemas berlebihan.

Selain dengan menyesuaikan pola makan yang sehat, ada beberapa pilihan lain untuk mengatasi stres dan menenangkan tubuh, seperti meningkatkan kualitas tidur dan melakukan meditasi.

"Mungkin Anda membutuhkan tidur yang lebih nyenyak dan latihan meditasi, atau perlu mengubah kebiasaan diet dan penggunaan alkohol" saran ahli gastroenterologi integratif, Marvin Singh, M.D.

Beberapa solusi tersebut bisa berpotensi membantu dengan memberikan manfaat yang berbeda pada masing-masing orang.

4 dari 4 halaman

Alasan Lain yang Mungkin Menyebabkan Perut Kembung

Jika mengalami rasa kembung setiap hari, hal ini mungkin dipengaruhi oleh faktor lain di luar makan berlebihan atau stres. Kondisi kronis seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) atau intoleransi makanan dapat menyebabkan kembung yang terjadi terus-menerus.

Selain itu, masalah seperti fluktuasi hormon, gangguan pencernaan, dan pertumbuhan bakteri yang berlebihan juga bisa menyebabkan kembung setiap hari. Berikut adalah daftar kemungkinan penyebab yang dapat menyebabkan kembung terus-menerus:

  • Pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil
  • Intoleransi terhadap laktosa atau fruktosa
  • Penyakit celiac
  • Penyumbatan pada saluran keluar lambung
  • Hipotiroidisme
  • Obstruksi semu usus kronis
  • Sindrom iritasi usus besar (IBS)
  • Sembelit idiopatik kronis
  • Disfungsi dasar panggul
  • Dispepsia fungsional
  • Kembung fungsional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.