Sukses

7 Tanda Serangga Bersarang di Rumah Anda

Kenali 7 tanda serangga bersarang di rumah Anda

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa rumah mereka benar-benar bebas serangga, tetapi mungkin tidak demikian. Sebuah penelitian menemukan bahwa umumnya ada lebih dari 100 jenis serangga yang berbeda hidup di rumah. 

Namun tidak perlu khawatir, sebagian besar tidak berbahaya dan sangat kecil sehingga kita dapat mengetahui bahwa mereka ada di sana. Di sisi lain, serangga yang membawa kehancuran atau membawa penyakit mungkin juga sulit dikenali.

Melansir Bright Side, berikut inilah beberapa tanda serangga berbahaya yang harus diwaspadai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mendapat bercak gigitan

Anda harus khawatir jika Anda bangun dengan gigitan. Hal ini bisa jadi tanda bahwa rumah Anda dihinggapi kutu busuk.

Membersihkan secara menyeluruh, menyedot semua yang ada di kamar tidur Anda dan membuang barang-barang yang berantakan untuk mengatasi masalah ini.

2. Mencium bau tidak sedap

Salah satu tanda keberadaan serangga dalam rumah adalah baunya. Bau tersebut muncul ketika ada banyak serangga, seperti di tempat kecoak bersarang terdapat bau minyak dan musky. Mereka juga meninggalkan garis-garis coklat kemerahan di belakang.

3. Suara-suara aneh

Jika Anda mendengar suara-suara aneh yang datang dari dinding atau lantai, terutama di malam hari, itu bisa jadi karena rayap.  Tanda lain dari serangan rayap adalah suara hampa yang terjadi saat Anda mengetuk permukaan kayu.

Segera bertindak jika Anda memiliki masalah rayap: mereka sangat merusak dan dapat membuat rumah Anda tidak aman.

3 dari 5 halaman

4. Cat mengelupas

Rayap juga dapat menyebabkan cat pada perabot dan dinding kayu menjadi mengelupas. Selain itu, rayap membutuhkan kelembaban, dan ini adalah alasan lain untuk kerusakan pada kayu yang dicat.

5. Kain dan tanaman menjadi rusak

Jika Anda menemukan lubang di pakaian Anda, Anda mungkin memiliki masalah ngengat. Serangga ini hidup di lemari, karena serat alami adalah sumber makanannya.

Untuk menghilangkannya, cuci semua pakaian Anda, lalu bersihkan rumah dengan baik, terutama permadani.

Sedangkan tanaman, ada banyak serangga yang dapat membahayakan mereka. Sehingga Anda harus terlebih dahulu memahami apa yang merusaknya.

4 dari 5 halaman

6. Banyak kepik dan laba-laba di rumah Anda

Berbicara tentang kepik, jika Anda tidak mengundang mereka sendiri, itu mungkin pertanda halus bahwa rumah Anda penuh dengan serangga. Hal yang sama berlaku untuk laba-laba.

Kedua serangga ini adalah predator. Jadi melihat mereka di dalam berarti ada banyak makanan untuk mereka, entah itu tungau, lalat putih, atau serangga bersisik.

7. Noda kuning di atas kertas

Gegat sangat suka memakan gula dan pati kertas. Jadi noda kuning pada buku, dokumen, wallpaper, dan sebagainya bisa menjadi pertanda bahwa di rumah Anda terdapat gegat.

Reporter: Lianna leticia

5 dari 5 halaman

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.