Sukses

Total Lebih dari 93 Juta Vaksin COVID-19 Sudah Diterima Indonesia

Indonesia pada Kamis malam kembali kedatangan lebih dari 1,5 juta vaksin COVID-19 AstraZeneca

Liputan6.com, Jakarta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan bahwa hingga saat ini, jumlah total vaksin COVID-19 yang diterima Indonesia saat ini adalah 93.728.400 dosis.

Hal itu diungkapkannya dalam konferensi pers terkait kedatangan vaksin AstraZeneca melalui COVAX Facility sebanyak 1.504.800 dosis pada Kamis malam.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pernyataannya mengatakan bahwa pada tanggal 5 Juni 2021, sebanyak 313.100 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca dari COVAX, juga telah tiba di Tanah Air.

"Dengan dua kedatangan vaksin AstraZeneca tanggal 5 Juni dan 10 Juni, maka jumlah total vaksin AstraZeneca dari COVAX Facility yang diperoleh secara gratis, adalah 8.228.400 dosis vaksin jadi," kata Menlu.

"Jika ditambahkan secara keseluruhan, maka jumlah total vaksin yang telah diterima Indonesia saat ini adalah 93.728.400 dosis," kata Retno.

Secara rinci, vaksin COVID-19 di Indonesia terdiri dari 84.500.000 dosis vaksin Sinovac, 8.228.400 dosis vaksin AstraZeneca, dan satu juta dosis vaksin dari Sinopharm.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vaksin Sinopharm

"Insyaallah, besok siang (hari ini), Jumat, 11 Juni 2021, akan tiba juga 1 juta dosis vaksin Sinopharm yang akan digunakan untuk program Vaksin Gotong Royong," ungkap Retno.

Retno menambahkan, Emergency Use Listing (EUL) dari World Health Organization sudah diberikan untuk tiga jenis vaksin COVID-19 yang telah dipakai di Indonesia.

"Ini tentunya menunjukkan bahwa vaksin yang dipakai di Indonesia, telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal kualitas, keamanan, dan efektivitasnya untuk digunakan pada masa darurat kesehatan," katanya.

3 dari 4 halaman

700 ribu Vaksinasi di Bulan Juni

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berharap agar di bulan Juni, 700 ribu vaksinasi COVID-19 di Indonesia dapat dicapai.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat berkunjung ke pelaksanaan vaksinasi massal bagi pendidik, lansia, dan pelayan publik di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) di Depok Jawa Barat pada Rabu kemarin.

Dalam konferensi persnya, Jokowi berharap agar vaksinasi massal juga dapat dilaksanakan di daerah atau provinsi lain dan bergerak secara cepat.

"Menurut Menteri Kesehatan, selain disini hari ini juga dilaksanakan vaksinasi massal di Bandung dan Tangerang yang jumlahnya cukup banyak," kata Jokowi seperti dilansir dari siaran pers yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis (10/6/2021).

"Kita berharap pada bulan Juni, target vaksinasi per hari 700 ribu benar-benar tercapai. Sehingga di bulan Juli 2021 kita sudah masuk pada target vaksinasi per hari satu juta," kata Presiden Jokowi.

4 dari 4 halaman

Infografis Perbandingan Vaksin Covid-19 Sinovac dengan AstraZeneca

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.