Sukses

Mensos Risma: Di Era Modern Banyak Ibu yang Sukses Tanpa Meninggalkan Anaknya

Menurut Mensos Risma, ibu bisa menjadi perempuan yang sukses apabila mampu membesarkan anaknya menjadi calon generasi yang luar biasa, selain berhasil dalam pekerjaannya

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bahwa ibu di zaman sekarang dapat mengambil peran di berbagai bidang, tanpa harus meninggalkan tugasnya sebagai ibu dari anak-anaknya, serta istri bagi suaminya.

"Spirit Kartini di era modern tidak sebatas mengurus wilayah domestik, melainkan banyak yang sukses di bidang lainnya," kata Mensos Risma dalam sebuah dialog virtual pada Kamis kemarin.

Menurut Risma, Tuhan telah menakdirkan perempuan untuk memiliki kekuatan di tengah kelembutan, dan tidak jarang menjadi tulang punggung bagi keluarganya.

"Saya kira ini substansi spirit Kartini, perempuan di era modern selain banyak yang sukses tapi tidak melupakan kodrat sebagai ibu bagi anak-anaknya," ujarnya melansir siaran pers laman Kementerian Sosial pada Jumat (243/4/2021).

Khususnya di era digital seperti sekarang, para ibu bisa tetap terhubung dengan anak-anaknya di mana pun dan kapan pun, berkat kecanggihan alat komunikasi dan gawai.

"Beda masa orang tua dulu, dengan alat komunikasi peran ibu tetap bisa berperan tanpa kehilangan momen, seperti bisa video call dan sebagainya," kata mantan Wali Kota Surabaya itu.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awasi Penggunaan Gawai pada Anak

Namun, Risma mengatakan bahwa kecanggihan teknologi informasi juga harus disikapi oleh para ibu, dengan mengawasi anak-anak mereka pada saat menggunakan gawai agar terhindar dari hal-hal negatif dan tidak diinginkan.

Menurutnya, penggunaan gawai oleh anak-anak tanpa pengawasan, kerap membawa petaka seperti jadi korban perisakan atau bullying dari teman-temannya.

"Penggunaan gawai dan teknologi tetap harus hati-hati, para ibu harus tetap menjaga anak-anak jangan sampai terganggu belajar, tumbuh kembang, serta tidak menghabiskan waktu dengan bermain gawai canggih," pungkasnya.

Risma pun mengatakan bahwa ibu yang sukses bukan sekadar ditandai dengan menduduki jabatan tinggi tertentu, namun juga harus bisa mengajarkan anak-anaknya menjadi calon generasi yang luar biasa.

"Perempuan memiliki kemampuan multitalenta dan teliti dimana pun mereka berada bisa sukses, termasuk sebagai ibu rumah tangga dengan menyiapkan anak-anak mereka menjadi calon generasi bangsa yang luar biasa."

3 dari 3 halaman

Infografis Ingat Pesan Ibu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.