Sukses

Tambahkan Jamur pada Pola Makan Harian, Mampu Tingkatkan Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta - Studi terbaru yang diterbitkan dalam Food & Nutrition Research (Penelitian Makanan dan Nutrisi) mengungkapkan bahwa jamur menjadi makanan yang kaya nutrisi dan baik untuk ditambahkan ke dalam pola makan sehari-hari.

Dengan mengonsumsi sebanyak 5 jamur kancing putih ukuran sedang atau setara dengan 84 gram, misalnya, mampu meningkatkan asupan delapan hingga 12 persen kalium harian, 11-23 persen selenium, 12-18 persen riboflavin/B2, dan 11-26 persen niacin.

Selain itu, kandungan Vitamin D dalam jamur yang terpapar langsung dengan sinar UV mampu memberian 200 IU Vitamin per porsi. Hal ini meningkatkan 67-90 persen asupan harian, seperti dikutip dari laman Union Leader

Tetapi perlu diingat bahwa jamur tidak menambah kalori, karbohidrat, lemak atau natrium.

Cara yang baik untuk menambahkan jamur dalam makanan dapat dilakukan dengan membuat salad jamur, sup jamur, tumis jamur, dan mengolah jamur bersama dengan ikan atau ayam tanpa kulit.

Selain itu, terdapat empat manfaat lain dari jamur yang baik untuk kesehatan dilansir dari BBC Good Food.

 
2 dari 7 halaman

1. Mengandung Nutrisi Penunjang Imunitas Tubuh

Semua jenis jamur yang dapat dimakan mengandung protein dan serat. Jamur juga mengandung Vitamin B serta antioksidan (selenium), yang membantu menunjang imunitas tubuh dan mencegah kerusakan sel serta jaringan.

3 dari 7 halaman

2. Sumber Vitamin D

Jamur kancing putih merupakan salah satu dari sumber Vitamin D non hewani. Paparan sinar UV selama jamur ditanam, meningkatkan kandungan Vitamin D didalamnya.

4 dari 7 halaman

3. Melindungi Tubuh dari Serangan Kanker

Jenis jamur tertentu terbukti memiliki potensi melindungi tubuh dari serangan kanker. Caranya dengan melindungi sel tubuh dari kerusakan DNA. Selain melindungi tubuh dari serangan kanker, jamur juga menghambat pembentukan tumor.

Temuan lain juga mengungkapkan bahwa jamur bermanfaat dalam pengobatan dan mengurangi gejala penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

5 dari 7 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jamur telah terbukti memiliki khasiat teraputik yang dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama pada orang dewasa dengan obesitas. Serta, kandungan fitonutrien dalam jamur dapat membantu mencegah sel menempel pada dinding pembuluh darah dan membentuk tumpukan plak. Inilah yang membantu melindungi jantung dan menjaga tekanan darah.

 

Penulis: Rissa Sugiarti

 
6 dari 7 halaman

Infografis Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

7 dari 7 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini