Sukses

Pemerintah Akan Perbaiki Sistem Antrean Vaksinasi COVID-19 Lansia

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI akan memperbaiki sistem antrean vaksinasi COVID-19 lansia. Perbaikan dilakukan karena masih banyak lansia yang kesulitan mengakses dan sistem penjadwalan belum tertata baik.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, selain memperbaiki sistem antrean, pemerintah akan memperluas cakupan lokasi pelaksanaan vaksinasi lansia.

"Saat ini, lokasi vaksinasi bagi lansia tersedia di ibu kota provinsi dan beberapa kabupaten/kota," kata Wiku saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Kamis, 25 Februari 2021.

Selanjutnya, pemerintah akan terus memperluas cakupan lokasi pelaksanaan vaksinasi, sehingga masyarakat terutama lansia yang tinggal jauh dari ibu kota provinsi dapat memeroleh vaksin di lokasi yang lebih terjangkau.

Kementerian Kesehatan dan fasilitas kesehatan juga akan terus memperbaiki sistem antrean pemberian vaksin COVID-19 untuk lansia.

"Ya, supaya lansia lebih mudah mendapatkan informasi jadwal pemberian vaksin sekaligus menyesuaikan waktu kedatangannya di lokasi fasilitas kesehatan," lanjut Wiku.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Perbaikan Sistem Vaksinasi Lansia Cegah Antrean Mengular

Upaya perbaikan sistem antrean vaksinasi COVID-19 untuk lansia juga sebagai pencegahan agar tidak terjadi antrean mengular seperti video viral di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kembangan, Jakarta Barat, Minggu 21 Februari 2021.

Video viral tersebut menunjukkan puluhan orang lansia rela mengantre panjang untuk mendaftar vaksinasi COVID-19. Lansia yang antre mendaftar vaksinasi COVID-19 di RSUD Kembangan mengular hingga ke luar jalan.

Menurut Camat Kembangan Joko Mulyono, banyak warga lansia antusias mendaftar secara daring melalui situs yang terdaftar di Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Jumlah lansia yang datang mendaftar dinilai melebihi kapasitas RSUD Kembangan.

"Adanya perbaikan sistem antrean vaksinasi lansia agar kejadian serupa, seperti di RSUD Kembangan dapat dihindari ke depannya," pungkas Wiku.

3 dari 4 halaman

Infografis Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: