Sukses

Satgas COVID-19 Harap Dinkes hingga RT/RW Bantu Koordinir Pendaftaran Vaksinasi Lansia

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Penanganan COVID-19 berharap dinas kesehatan (dinkes) hingga RT/RW bantu mengkoordinir pendaftaran vaksinasi COVID-19 lansia. Ini karena masih banyaknya masyarakat yang bingung terkait mekanisme pendaftaran vaksinasi lansia.

"Kami harapkan dinas kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan di daerah, serta posko Satgas di daerah, sampai level RT/RW juga bisa membantu mengkoordinir pendaftaran vaksinasi lansia," harap Juru Bicara Satgas Nasional Wiku Adisasmito di Media Center COVID-19, Selasa (23/2/2021).

"Terutama juga bantuan kepada masyarakat yang kesusahan mengakses laman pendaftaran."

Saat ini, vaksinasi lansia hanya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan, baik puskesmas maupun rumah sakit. Pemerintah terus melakukan sosialisasi program vaksinasi bagi lansia melalui berbagai media.

Program vaksinasi COVID-19 bagi lansia, lanjut Wiku, dilaksanakan melalui dua mekanisme. Pertama, fasilitas kesehatan masyarakat, yakni puskesmas dan fasilitas kesehatan bekerjasama pemerintah dengan organisasi lain.

"Cara ini dengan pendaftaran secara online di website resmi Kementerian Kesehatan pada alamat www.kemkes.go.id," lanjutnya.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Vaksinasi COVID-19 Lansia Fokus di 34 Kota

Wiku Adisasmito menambahkan, mekanisme kedua vaksinasi COVID-19 lansia melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan organisasi atau institusi bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan.

"Apabila ditemui kendala, dapat menghubungi Kementerian Kesehatan pada nomor 199 Ext 9," tambahnya.

Pada tahap awal, Kementerian Kesehatan memfokuskan vaksinasi COVID-19 bagi lansia di atas 60 tahun di 34 kota, dalam hal ini ibu kota provinsi di Indonesia.

Ke-34 kota untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 lansia yang dimaksud meliputi DKI Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Denpasar. Kemudian Banda Aceh, Pangkal Pinang, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, dan Pontianak.

Selanjutnya, Banjarmasin, Tanjung Selor, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, dan Ternate. Lalu Mataram, Kupang, Manokwari, Jayapura, Pekanbaru, Mamuju, Makassar Palu, Kendari, Manado, Padang, Palembang, dan Medan.

Masyarakat dapat mendaftar vaksinasi lansia melalui tautan (link) pendaftaran masing-masing ibu kota provinsi. (Selengkapnya: Cara Daftar Vaksinasi COVID-19 Lansia, Lengkap dengan Link di 34 Kota Indonesia)

3 dari 4 halaman

Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: