Sukses

Cerita Karida Sumarno, Lansia yang Temukan Keajaiban dari Berenang

Liputan6.com, Jakarta - Ir. Karida Sumarno adalah instruktur renang asal Bogor yang sudah terjun ke dunia renang sejak 1973. Menurutnya, renang membawa pengaruh baik bagi kesehatannya dan sangat cocok untuk orang lanjut usia lansia.

Dengan berenang, pria usia 62 ini mengaku bisa mendapatkan ketenangan, kesenangan, dan kesehatan. Selain merasakan manfaatnya sendiri, ia juga sempat melihat keajaiban renang pada lansia lain.

“Ada pasangan suami istri, istrinya datang pakai kursi roda karena stroke dituntun sama suaminya. Saya hanya bilang, ‘Bu, jangan berhenti berenang.’ Sudah begitu saja,” ujar Karida dalam webinar Geriatri TV ditulis, Kamis (4/2/2021).

Kemudian, ibu yang tidak disebutkan namanya itu meminta Karida untuk mengajarkan dasar-dasar berenang.

Dalam 3 sampai 4 kali pertemuan, pria yang akrab disapa Aki Ari itu mengajarkan teknik dasar berenang. Setiap pertemuannya tidak memakan waktu lama, hanya sekitar satu jam.

“Kemudian saya tidak bertemu lagi sekitar 2,5 tahun dan saat bertemu di kolam yang sama, ibu itu sudah bisa berenang dengan gaya sebisanya dan meninggalkan kursi rodanya, sudah bisa jalan.”

Melihat perkembangan ibu tersebut, Ari mengaku bahagia, terkejut, sekaligus bangga.

 

 

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

2 dari 4 halaman

Renang untuk Segala Usia

Kejadian tersebut membuat Ari yakin bahwa semua orang bisa memilih renang sebagai olahraga yang menyehatkan. Ia juga selalu mengangkat slogan yang berbunyi “Age is nothing, all can swim” atau “Usia bukan masalah, semua bisa renang.”

“Ini membuat saya tambah yakin, dengan kondisi seperti itu sebenarnya bisa. Namun, kembali lagi pada ketekunan, rutin, dan teratur latihan.”

Ari juga menyebutkan beberapa manfaat lain dari renang yakni:

-Membentuk dan memperkuat seluruh otot tubuh.

-Olahraga yang ramah terhadap pemulihan cedera lutut.

-Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru.

-Cara yang bagus untuk membakar kalori.

-Self safety.

-Menghilangkan stres.

-Menyegarkan tubuh.

-Merawat sakit pinggang.

 

 

3 dari 4 halaman

Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas COVID-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini