Sukses

Donorkan Plasma Konvalesen, Menko Airlangga Hartarto: Terasa Agak Segar

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini terungkap bahwa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sempat positif COVID-19. Hal ini diketahui saat ia mendonorkan plasma konvalesen untuk pasien virus corona.

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu mengungkapkan apa yang dirasakannya usai mendonorkan plasma konvalesennya.

"Mungkin setiap orang beda. Saya sih rasanya agak segar, tidak tahu kenapa," kata Airlangga dalam Live Streaming Bincang Editor pada Jumat (22/1/2021).

"Agak segar itu, mungkin karena darahnya disirkulasi lebih cepat," ia menambahkan.

Airlangga sendiri sempat mendapatkan kritik karena tidak mengumumkan statusnya yang positif COVID-19 kepada publik.

Pada kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa ketika ia melakukan donor konvalesen, ini berarti ia telah mengumumkan statusnya yang pernah positif corona.

"Dengan melakukan donor plasma konvalesen kan sebetulnya mengumumkan," kata Airlangga.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

2 dari 4 halaman

Dorong Penyintas Donorkan Plasma Konvalesen

Airlangga menambahkan bahwa sesungguhnya statusnya pada saat itu juga sudah diketahui oleh "orang yang perlu mengetahui dan oleh lingkungan."

Airlangga pun mendorong agar para penyintas COVID-19 juga ikut mendonorkan plasma konvalesen seperti dirinya. "Jadi tentu yang sudah mengumumkan diharapkan ikut mendonor," ujarnya.

"Jangan hanya mengumumkan saja, karena ini tentu yang paling penting kan melakukan yang terbaik untuk masyarakat," ia menambahkan.

Airlangga juga mengatakan bahwa testing, tracing, dan treatment juga terus dilaksanakan di kantornya.

Mengutip Bisnis Liputan6.com, Juru Bicara Kemenko Perekonomian Alia Karenina mengatakan bahwa Airlangga Hartarto sempat terdeteksi positif COVID-19 di tahun 2020 yang lalu.

"Dan saat itu, sudah diterapkan 3T (testing, tracing dan treatment) secara optimal," tuturnya dalam keterangan tertulis.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini