Sukses

Makan Bawang Bantu Perbaiki Kualitas Tidur dan Redakan Stres

Bawang ternyata merupakan makanan yang bisa membantu seseorang mengatasi stres sekaligus kualitas tidur yang buruk.

Liputan6.com, Jakarta Stres dan kualitas tidur yang buruk merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan mental. Umumnya, penyakit ini biasanya di obati melalui terapi atau jenis perawatan yang serupa. Namun, banyak orang lebih ingin mengonsumsi obat-obatan alami, seperti mengonsumsi teh hijau dan cokelat yang dapat memelihara kesehatan jiwa.

Selain teh dan cokelat, bawang ternyata tergolong sebagai makanan alami yang dapat membantu seseorang mengatasi stres sekaligus kualitas tidur yang buruk. Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Neuroscience.

Seperti di kutip dari Liputan6.com, bawang mengandung prebiotik atau salah satu jenis serat yang tidak dicerna dan menjadi sumber makanan bakteri probiotik.

Serat prebiotik dapat membantu mengembalikan pola tidur yang sehat pada seseorang dengan cara melindungi bakteri sehat dalam usus.

“Stres bisa mengganggu kinerja mikrobioma dalam usus sehingga menghambat seseorang untuk terlepas dari pikiran yang membuat stres dan tidur yang nyenyak” ucap Agniezka Mika, seorang peneliti di University of Colorado Boulder, Amerika Serikat, seperti di kutip dari Liputan6.com.

Mika menambahkan, stres yang cenderung akut dapat mengganggu aktivitas mikrobioma di bagian usus.

Untuk membantu meningkatkan jumlah bakteri sehat yang menguntungkan mikroba dalam usus, mengonsumsi makanan dan minuman kaya akan kandungan serat prebiotik seperti bawang, ASI, asparagus, oatmeal, dan kacang-kacangan sangat diperlukan. Bertambahnya jumlah bakter sehat, akan membantu memulihkan pola tidur seseorang yang sedang mengalami stres.

 

(Deskhila Wijaya)

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Putus Rantai COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.