Sukses

Mengenal Ciri-Ciri Orang yang Sedang Stres untuk Pertolongan Dini

Liputan6.com, Jakarta Psikolog dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru, Surabaya, Naftalia Kusumawardhani, S.Psi, M.si, menyebutkan ciri-ciri orang yang tengah dilanda stres agar stresnya tidak berlarut-larut dan dapat segera ditangani.

Ciri-ciri orang yang tengah dilanda stres adalah:

1. Gelisah dan tidak dapat bersantai

2. Cepat marah, mudah meledak kalau tidak sesuai kemauannya

“Kalau memang udah gampang marah sejak bayi, itu lain lagi ceritanya,” ujar Naftalia dalam webinar webinar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) ditulis pada Jumat (16/10/2020).

3. Merasa sangat lelah berkepanjangan

“Walau aktivitasnya sederhana tapi merasa capek banget, bangun pagi gak pernah segar dan gak pernah fit staminanya.”

4. Sulit konsentrasi bahkan untuk pekerjaan sederhana

“Gak bisa memfokuskan pikiran padahal pekerjaan itu bukan pekerjaan baru. Misal ibu rumah tangga udah biasa tiap hari nyapu rumah, tiba-tiba kotorannya dibuang ke mana saja sampai akhirnya mikir kenapa ia buang kotoran rumah ke tempat yang tidak semestinya.”

5. Kehilangan minat dan tidak bisa menikmati kegiatan

“Tak ingin melakukan kegiatan apapun, tidur melulu. Walau pemerintah menganjurkan di rumah saja bukan berarti gak melakukan kegiatan sama sekali.”

6. Khawatir berlebihan untuk hal-hal yang tidak perlu

“Takut dan cemas itu beda. Takut itu ada penyebabnya, misalnya takut COVID-19, penyebabnya jelas. Tapi cemas dan khawatir itu penyebabnya tidak jelas dan belum terjadi. Misal khawatir gak dapat kerja atau jodoh karena fisik tidak sempurna. Penyebabnya tidak jelas dan lebih pada persepsi orang terhadap kondisi yang sedang dialami.”

7. Bekerja berlebihan meskipun tidak produktif

“Sibuk melulu tapi gak jelas hasilnya apa.”

8. Berulang kali kehilangan harapan dan tujuan hidup

2 dari 4 halaman

Ciri Orang Cemas

Menurut Naftalia, kecemasan adalah suatu keadaan emosional yang tidak menyenangkan, khawatir berlebihan, dan perasaan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Penyebabnya tidak jelas pada realitanya.

“Cemas itu lebih tinggi levelnya dari stres, ciri cemas dapat dilihat dari tiga aspek yaitu fisik, pikiran, dan perilaku.”

Secara fisik, orang yang sedang cemas akan terlihat gelisah dan gugup, gangguan pencernaan, sulit bernapas, lemas, sering buang air kecil, dan sebagainya.

Secara pikiran, orang cemas akan khawatir berlebihan, yakin akan terjadi hal buruk, terpaku pada kecemasan, dan pikiran negatif terus hadir.

Dari aspek perilaku, orang cemas akan cenderung menghindar dari orang lain, tidak mau membahas kecemasannya, dan enggan bertatap muka.

3 dari 4 halaman

Infografis Dampak Marah

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: