Sukses

Ingin Pergi ke Lokasi Wisata, Reisa Broto Asmoro: Pastikan Diri Sehat

Bila ingin pergi ke lokasi wisata, Reisa Broto Asmoro mengingatkan untuk memastikan diri sehat terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro mengingatkan mengingatkan masyarakat untuk memastikan diri sehat sebelum pergi ke lokasi wisata. Pertimbangan ini sebagai salah salah satu agar tubuh tetap fit, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19.

"Buat pengunjung, pastikan diri dalam kondisi yang sehat sebelum melakukan berkunjung ke lokasi wisata," imbau Reisa saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, kemarin (23/6/2020).

Adanya pembukaan destinasi wisata secara bertahap harus diikuti persiapan yang baik, terutama protokol kesehatan. Hal ini perlu dipahami, baik pengelola, pekerja maupun pengunjung.

"Untuk pengelola, fasilitas yang ada di lokasi wisata, seperti naik kendaraan wisata harus dibatasi dan sesuai protokol kesehatan. Atur jarak saat antrean dengan memberi penanda di lantai minimal 1 meter," lanjut Reisa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimalkan Ruang Terbuka

Reisa menambahkan, pengelola wisata dapat memanfaatkan ruang terbuka untuk tempat transaksi penjualan tiket.

"Optimalkan ruang terbuka untuk tempat transaksi penjualan agar mencegah terjadinya kerumunan. Gunakan pembatas (partisi) di meja atau counter sebagai perlindungan tambahan untuk pekerja yang bertugas di loket pembelian tiket atau customer service," tambahnya.

Ia juga menyarankan, memanfaatkan sistem online untuk pengunjung masuk. Jadi, sebelum datang ke lokasi wisata, pengunjung sudah mendaftar secara online.

Kawasan pariwisata alam yang direncanakan akan dibuka secara bertahap adalah berbasis ekosistem dan konservasi dan dengan tingkat resiko COVID-19 yang paling ringan.

Beberapa kawasan pariwisata alam tersebut terdiri dari kawasan wisata bahari, kawasan konservasi perairan, kawasan wisata petualangan, Taman Nasional, Taman Wisata Alam, Taman Hutan Raya dan Suaka Margasatwa.

Kemudian geopark, pariwisata alam non-kawasan konservasi antara lain kebun raya, kebun binatang, Taman Safari, desa wisata, dan kawasan wisata alam yang dikelola oleh masyarakat.

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini