Sukses

IAI Sambut Baik Instruksi Jokowi Soal Layanan Farmasi Saat Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) menyambut baik arahan Presiden Joko Widodo yang menginstruksikan agar pelayanan kefarmasian tetap berjalan selama pandemi COVID-19 di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PP IAI Nurul Falah Eddy Pariang ketika memberikan bantuan logistik kepada para apoteker di 34 provinsi di Pulogadung, Jakarta pada Selasa kemarin.

Maka dari itu, PP IAI telah meneruskan arahan tersebut kepada para apoteker yang berpraktik di apotek melalui pengurus daerah dan cabang di seluruh Indonesia.

Nurul juga mengatakan, melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19, IAI telah menerbitkan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Kefarmasian di Apotek yang juga diadopsi ke dalam Protokol COVID-19 oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Indonesia.

"Satgas juga telah menerbitkan media edukasi berupa poster dan kalender melalui akun resmi media sosial IAI sebagai media edukasi apoteker kepada masyarakat," kata Nurul dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu (8/4/2020).

2 dari 3 halaman

Apoteker Juga Rentan Tertular COVID-19

Nurul mengatakan PP IAI juga telah melakukan rekrutmen relawan apoteker untuk kebutuhan rumah sakit darurat dan rujukan COVID-19 yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Dia menyatakan, IAI telah mengirim 15 orang apoteker relawan yang berasal tidak hanya dari wilayah Jabodetabek tapi juga berbagai kota di Indonesia.

Selain itu, mereka bekerja sama dengan PT Enseval Putra Megatrading telah mengirimkan bantuan logistik kepada para apoteker di layanan kefarmasian di 34 provinsi. Nurul mengatakan, hal ini karena apoteker yang bertugas di sarana pelayanan kefarmasian juga sangat rentan tertular oleh SARS-CoV-2.

"Ini karena mereka juga langsung berhadapan dengan masyarakat umum. Mereka juga membutuhkan alat pelindung diri (APD) yang saat ini masih sangat sulit didapatkan," kata Nurul.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini