Sukses

6 Gejala Depresi yang Jarang Disadari Seseorang

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang menyembunyikan rasa depresi mereka atau benar-benar tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami depresi. Sebenarnya, depresi mempunyai gejala yang khas, seperti kesedihan dan keputusasaan.

Namun, gejala lain yang jarang diketahui orang pun bisa muncul sebagai tanda bahwa mereka mengalami depresi. Oleh karena itu, di bawah ini merupakan gejala lain yang jarang disadari bahwa seseorang sedang mengalami depresi:

1. Perubahan Nafsu Makan dan Berat Badan

Makan terlalu banyak atau sedikit dapat menunjukkan bahwa seseorang mengalami depresi. Sebagian orang melampiskan rasa depresi mereka pada makanan untuk memberikan rasa nyaman. Sedangkan sebagaian orang yang lainnya, kehilangan nafsu makan karena suasana hati yang buruk.

Perubahan selera makan ini dapat menyebabkan seseorang bertambah atau kehilangan berat badan. Perubahan berat badan yang drastis juga dapat memperburuk depresi karena dapat mempengaruhi harga diri seseorang. Hal tersebut seperti yang dilansir dari Medical News Today.

2. Perubahan Pola Tidur

Terdapat hubungan yang kuat antara pola tidur dan suasana hati. Pola tidur yang buruk dapat berkaitan dengan depresi, begitu pun sebaliknya. Menurut National Sleep Foundation, seseorang yang menderita insomnia bisa saja mengalami depresi daripada mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut. Terlalu banyak tidur pun bisa menjadi tanda bahwa seseorang mengalami depresi.

2 dari 4 halaman

3. Konsumsi Alkohol dan Penggunaan Narkoba

Sebagian orang yang mengalami gangguan suasana hati bisa saja disebabkan karena mengonsumsi alkohol dan obat-obatan untuk mengatasi perasaan sedih, kesepian, dan putus asa mereka.

4. Kelelahan

Gejala yang satu ini menjadi ciri khas bahwa seseorang mengalami depresi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 90% orang dengan depresi mengalami kelelahan. Meskipun setiap orang merasa lelah dari waktu ke waktu, orang yang memiliki kelelahan yang parah, terutama diikuti dengan gejala lain, bisa saja memiliki depresi tersembunyi.

3 dari 4 halaman

5. Kurang Optimis

Seseorang yang menderita depresi bisa saja lebih pesimis dibandingkan orang lain. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa mereka sering kali memiliki pandangan yang lebih negatif tentang masa depannya. Hal tersebut merupakan salah satu gejala depresi, terutama jika memiliki gejala depresi lainnya.

6. Cepat Marah

Beberapa jenis depresi bahkan tidak terlihat seperti depresi, tergantung kemampuan pengaturan emosi seseorang. Kemarahan yang meningkat dan lekas marah sepanjang waktu bisa saja merupakan tanda bahwa seseorang mengalami depresi tersembunyi. Penjelasan tersebut sesuai dengan lansiran dari Psychcentral.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading