Sukses

Lakukan 6 Hal Ini, Dijamin Anda Tak Mudah Merasa Lapar

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas sehari-hari yang padat, tubuh yang lemah, dan rasa lapar yang berlebihanan dapat menyebabkan energi Anda hilang dan Anda bisa saja menjadi pribadi yang mudah marah.

Untuk mengatur kondisi tubuh secara fisik ataupun mental, sebaiknya Anda memperhatikan penjelasan cara agar tak mudah lapar sehingga dapat mengatur emosional Anda di bawah ini:

1. Sarapan

"Melewatkan sarapan, seperti puasa sekitar 16 jam, terlalu lama bagi kebanyakan orang," kata ahli gizi, Jennifer Cassetta. Dia juga menambahkan bahwa makan protein saat sarapan dapat membantu memuaskan rasa lapar dan menyeimbangkan gula darah hingga makan siang.

Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa orang yang sarapan memiliki suasana hati yang secara keseluruhan lebih positif dibandingkan dengan mereka yang melewatkannya. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Bustle.

2. Terhidrasi

"Pastikan Anda terhidrasi," kata Cassetta, "Dehidrasi dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Bawalah botol air dan minum sepanjang hari. Tidak hanya setelah makan," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

3. Camilan Karbohidrat dan Protein

Anda dapat mencoba camilan yang memiliki campuran karbohidrat dan protein. Karbohidrat menyediakan energi, sedangkan protein dapat membantu Anda untuk mempertahankan energi tersebut dan membuat Anda merasa puas. Anda dapat menyimpan camilan di tempat yang terjangkau. Jadi, Anda dapat mengunyahnya sepanjang hari.

4. Mengonsumsi Makanan yang Dapat Meningkatkan Mood

Jika merasa suasana hari yang kurang menyenangkan, Anda dapat mencoba mengonsumsi beberapa makanan yang meningkatkan suasana Hati. Makanan yang dapat meningkatkan mood cenderung makanan sehat dan seimbang.

3 dari 4 halaman

5. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Protein dan Lemak Sehat

Protein dan lemak dapat menunda rasa lapar. Hal ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menunda kembali rasa lapar. Jika Anda telah mencoba untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein serta lemak sehat, hal tersebut merupakan pilihan yang tepat untuk menghindari perubahan gula darah dan menjaga suasana hati Anda. Hal ini seperti yang dilansir dari Health.

6. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Makanan yang berserat membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyah, mengisi perut yang kosong, dan membantu Anda mengatur gula darah dan respons insulin sehingga menghasilkan energi yang stabil dalam jangka waktu yang lebih lama. Dengan kata lain, memasukkan makanan yang mengandung serat ke daftar makanan Anda adalah strategi pencegahan rasa lapar yang baik.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Meracik Kapsul Ajaib dan Berbagi Resep Inspiratif di Hari Kanker Anak Sedunia
Artikel Selanjutnya
Mau Kulit Sehat? Tentunya, Anda Harus Mengonsumsi 6 Makanan Ini