Sukses

Idap Kanker Tulang, Nyawa Amelia Terselamatkan dengan Membalik Kaki

Liputan6.com, Jakarta Amelia Eldred didiagnosis dengan kanker tulang yang mengancam nyawanya. Namun, dokter punya cara tak biasa untuk menyelamatkan bocah yang pada saat itu masih berusia tujuh tahun.

Agustus 2017, kaki Amelia membengkak selama dua minggu. Pemeriksaan menunjukkan adanya tumor kanker pada tulang paha kiri gadis asal Tamworth, Staffordshire, Inggris.

"Dunia saya berhenti, mengira putri saya akan memulai perjalanan yang mengerikan," kata ibu Amelia, Michelle seperti dikutip dari New York Post pada Senin (20/1/2020).

Amelia didiagnosis osteosarkoma. Dia pun mendapatkan kemoterapi pada bulan September di Birmingham Children's Hospital. Namun sampai November, tak ada kemajuan pada perawatannya.

Satu-satunya cara untuk menyelamatkan nyawa Amelia adalah dengan cara mengamputasi kakinya atau menggunakan prosedur yang jarang digunakan bernama rotationplasty.

2 dari 4 halaman

Sepakat Lakukan Operasi

Operasi ini mengharuskan dokter memotong kaki dan menghilangkan bagian yang terkena kanker, untuk kemudian dipasang kembali namun dengan posisi terbalik. Sehingga, setengah bagian kakinya, dari lutut hingga telapak kaki, akan berada dalam posisi 180 derajat.

"Ini prosedur yang cukup kontroversial yang dia dapatkan," kata sang ibu yang berusia 46 tahun.

Amelia dan keluarganya sepakat melakukan prosedur tersebut. Selain itu, anak ini juga membutuhkan empat kali lagi pengobatan kemoterapi serta enam bulan mendapatkan obat kanker.

"Sebagai sebuah keluarga, kami tahu bahwa dia memiliki peluang yang jauh lebih tinggi untuk hidup yang panjang dan memuaskan jika prosedurnya berjalan dengan baik," kata Michelle.

"Pada akhirnya kami memutuskan rotationplasty karena itulah yang diinginkan Amelia," ujar wanita yang merupakan seorang pegawai negeri itu.

3 dari 4 halaman

Jadi Normal Membosankan

Amelia mengungkapkan bahwa dirinya terinspirasi seorang penari di Youtube, yang pernah menjalani operasi serupa. Michelle mengatakan bahwa putrinya ingin seperti dia.

"Ketika dia pergi menjalani operasi, hal terakhir yang dia katakan adalah 'Bye bye tumor, sampai jumpa pecundang.'"

Para dokter mengatakan, prosedur ini akan membuat Amelia lebih mudah menggunakan kaki buatan. Selain itu, tulangnya juga masih bisa tumbuh dan saraf utama bagian bawahnya terjaga.

Di usianya yang ke sembilan, Amelia tidak membiarkan keterbatasan menghalanginya. Sang ibu mengungkapkan bocah ini tetap aktif seperti sebelum terkena kanker. Dia suka berenang, mengendarai keledai, main sepak bola, bersepatu roda, dan naik sepeda.

"Dia tersenyum dan memberi tahu saya bahwa dia bisa melakukan apa saja jika dia bekerja cukup keras dan juga memberi tahu saya bahwa tidak ada yang salah dengan menjadi berbeda,'Bu. Normal itu membosankan.'"

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Ini Punya Khasiat Mengurangi Risiko Kanker Paru
Artikel Selanjutnya
Obat Biosimilar, Pilihan Obat Kanker Payudara dengan Harga Terjangkau