Sukses

19 Solusi Atasi Rambut Rontok

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok adalah salah satu masalah paling umum di seluruh dunia. Kondisi ini mempengaruhi sepertiga dari populasi. Setiap orang kehilangan 100 helai rambut setiap hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena rambut rontok beberapa helai adalah hal normal.

Ada berbagai penyebab kerontokan rambut yaitu diet, kekurangan mineral, obat-obatan, stres, polusi, genetik atau kebiasaan sehari hari seperti mengenakan topi atau helm.

Inilah daftar 19 solusi untuk membantu mengurangi atau mengatasi kerontokan rambut, seperti dikutip Times of India:

1. Cuci rambut secara teratur dengan sampo ringan

Mencuci rambut secara teratur adalah bagian dari mencegah rambut rontok dengan cara menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih. Dengan melakukan itu, Anda menurunkan risiko infeksi dan ketombe yang dapat menyebabkan kerusakan atau kerontokan rambut. 

2. Vitamin untuk kerontokan rambut

Vitamin tidak hanya sehat untuk kesehatan secara keseluruhan tetapi juga baik untuk rambut Anda. Vitamin A mendorong produksi sebum yang sehat di kulit kepala, vitamin E melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala untuk membantu folikel rambut tetap produktif dan vitamin B membantu rambut mempertahankan warna sehatnya.

3. Perkaya diet dengan protein

Makan daging tanpa lemak, ikan, kedelai atau protein lain meningkatkan kesehatan rambut dan pada gilirannya membantu mengurangi kerontokan rambut.

4. Pijat kulit kepala dengan minyak esensial

Mereka yang telah mengalami kerontokan rambut selama beberapa waktu harus memijat kulit kepala dengan minyak esensial selama beberapa menit. Ini membantu folikel rambut Anda tetap aktif. Anda bisa menambahkan lavender dalam minyak almond atau wijen.

 

2 dari 4 halaman

5. Hindari menyisir rambut yang basah

Saat basah, rambut dalam kondisi terlemah. Jadi hindari menyisir rambut yang basah karena kemungkinan rambut rontok meningkat. Tetapi jika Anda harus menyisir rambut basah, gunakan sisir bergigi sangat lebar.

Hindari juga menyisir rambut terlalu sering karena hal itu dapat merusak rambut dan meningkatkan kerontokan. Gunakan jari Anda untuk membatalkan kusut, bukan sisir atau kuas.

6. Jus bawang putih, jus bawang atau jus jahe

Oleskan salah satu jus pada kulit kepala Anda, biarkan semalaman dan cuci di pagi hari. Lakukan secara teratur selama seminggu dan Anda akan melihat hasil nyata.

Buat diri Anda tetap terhidrasiBatang rambut terdiri dari seperempat air, jadi minumlah setidaknya empat hingga delapan cangkir air dalam sehari agar tetap terhidrasi dan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

7. Gosokkan teh hijau ke rambut Anda

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggosokkan teh hijau ke rambut dapat membantu mengatasi masalah kerontokan rambut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyeduh dua kantong teh hijau dalam satu cangkir air, biarkan hingga dingin dan setelah itu, oleskan ke rambut Anda.

Bilas rambut Anda secara menyeluruh setelah satu jam. Untuk melihat hasilnya, praktikkan ini secara teratur selama seminggu hingga sepuluh hari.

8. Ketahuilah apa yang buruk bagi rambut

Jika Anda ingin menjaga rambut tetap sehat, Anda harus tahu cara merawatnya. Hindari menggosok rambut hingga kering dengan handuk. Sebaliknya, biarkan rambut mengering secara alami.

9. Kurangi minuman beralkohol

Jika Anda ingin mengurangi kerontokan rambut kurangi konsumsi alkohol untuk melihat peningkatan pertumbuhan rambut.

10. Hindari merokok

Rokok merokok mengurangi jumlah darah yang mengalir ke kulit kepala dan ini menyebabkan pengurangan pertumbuhan rambut.

 

3 dari 4 halaman

11. Aktivitas fisik

Luangkan waktu untuk aktivitas fisik setiap hari. Berjalan, berenang, atau bersepeda selama 30 menit sehari membantu menyeimbangkan kadar hormon, mengurangi tingkat stres selain mengurangi kerontokan rambut.

12. De-stress

Penelitian di masa lalu telah menemukan bukti medis yang menghubungkan stres dengan kerontokan rambut. De-stres sendiri bisa dilakukan dengan berlatih meditasi. Terapi alternatif seperti meditasi dan yoga tidak hanya mengurangi stres tetapi mengembalikan keseimbangan hormon.

13. Hindari pemanasan & pengeringan konstan

Jangan biarkan rambut Anda melakukan prosedur pemanasan dan pengeringan yang sering dan konstan. Panas melemahkan protein rambut, dan pemanasan dan pengeringan yang konstan dapat menyebabkan kelemahan dan kerapuhan yang menyebabkan kerontokan rambut.

14. Jaga agar keringat Anda tetap bebas

Pria dengan rambut berminyak, mengalami ketombe selama musim panas karena berkeringat dan kemungkinan rambut rontok meningkat. Menggunakan sampo yang mengandung lidah buaya dapat membuat kepala tetap dingin dan mencegah ketombe.

Juga, pria yang memakai helm mengalami kerontokan rambut yang besar di musim panas. Saat keringat menumpuk di pori-pori dan melemahkan akar rambut menyebabkan rambut rontok pada pria. Jadi mengenakan syal / bandana di rambut Anda atau ikat kepala kaindapat mencegah kerontokan rambut.

15. Ubah cara Anda menata rambut (untuk pria berambut panjang)

Jika Anda kehilangan rambut akhir-akhir ini, Anda harus melonggarkan rambut Anda. Gaya rambut seperti kuncir kuda, kepang dan gaya rambut buatan menarik rambut atau menarik folikel rambut, dan akhirnya dapat menyebabkan kebotakan.

16. Jaga kesehatan

Masalah kesehatan adalah pertanda rambut rontok. Pastikan Anda menangani penyakit kronis, demam tinggi, dan infeksi dengan benar untuk memastikan rambut sehat.

17. Awasi pengobatan

Obat-obatan tertentu mungkin memiliki efek samping, salah satunya adalah rambut rontok. Konsultasikan dengan dokter untuk menanyakan kondisi yang mungkin Anda miliki. Beri tahu dia apakah obat itu menyebabkan kerontokan rambut dan jika itu masalahnya, minta dia mengganti obatnya.

18. Jauhkan dari bahan kimia

Bahan kimia keras dan produk warna rambut permanen dapat merusak kesehatan rambut. Saat Anda mengalami kerontokan rambut, disarankan untuk tidak mewarnai rambut Anda.

19. Jadwalkan janji temu dengan dokter secara teratur

Ada banyak kondisi kesehatan, terutama kondisi yang berhubungan dengan kulit, yang menyebabkan perubahan keseimbangan hormon yang pada akhirnya menyebabkan rambut rontok. Pastikan Anda mengunjungi dokter secara teratur untuk penyakit dan kondisi yang mendasarinya.

 

4 dari 4 halaman

Simak video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Fakta Mengejutkan Tentang Rambut Rontok
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Patut Anda Konsumsi untuk Mengatasi Permasalahan Rambut