Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

3 Tipe Pengendara Saat Memilih Tempat Parkir, Kamu yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta Ada hal menarik terkait parkir. Rupanya setiap orang memiliki kecenderungan berbeda terkait pemilihan titik parkir. Setidaknya ada studi yang meneliti hal itu.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Statistical Mechanics menunjukkan gaya orang parkir ke dalam beberapa kategori. Di antara beberapa kategori itu, ada satu yang dianggap paling superior.

"Haruskah seseorang parkir jauh dari lokasi yang dituju, mudah mendapat titik parkir, tapi kemudian harus berjalan jauh? Atau, haruskah seseorang mencari tempat yang paling dekat ke lokasi yang dituju tapi mungkin akan sulit mendapatkan titik parkir yang tepat?" ucap penulis studi sekaligus fisikawanPaul Krapivsky dan Sidney Redner, melansir laman New York Post.

Studi yang dilakukan oleh Krapivsky dan kawan-kawan menemukan ada tiga tipe gaya parkir, yakni: penurut, bijaksana, dan optimistis. Individu yang punya kecenderungan sopan dan penurut dalam urusan parkir tak akan membuang waktu mencari titik parkir yang diinginkan, mereka akan mengambil lokasi yang paling memungkinkan ditemukan pertama kali.

Sementara pada para pengendara yang optimistis, mereka bersedia mengambil risiko dan akan berkeliling mencari titik parkir yang ideal. Di antara pengendara yang sopan dan optimistis, ada tipe yang bijaksana, mereka akan melewatkan titik parkir pertama yang ditemukan tapi tak akan menghabiskan waktu sebanyak tipe optimistis untuk mendapat titik parkir ideal.

 

2 dari 2 halaman

Mana yang paling efektif?

Lantas strategi parkir mana yang terbaik? Para fisikawan sepakat memilih tipe yang bijaksana karena menghabiskan paling sedikit waktu. Pengemudi optimistis menempati urutan kedua, sedangkan mereka yang langsung memilih titik parkir yang pertama dianggap bodoh.

Para peneliti memilih pengendara yang bijaksana sebagai yang terbaik karena tipe ini menghabiskan sedikit waktu dalam keseluruhan proses parkir. Sementara strategi parkir dari mereka yang langsung memilih titik parkir yang pertama terlihat dianggap tidak seefisien dua strategi lainnya. 

Nah, di antara ketiga tipe pengemudi itu, yang manakah gaya kamu dalam memilih tempat pakir?

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Parkir di Area Troli, Mobil Ini Dikerjai Habis-habisan
Artikel Selanjutnya
Gara-Gara Parkir Sembarangan, Mobil Ini Dipenuhi Sampah