Sukses

Pelihara Anjing Lebih Menyehatkan Jantung

Dengan kegiatan yang lebih aktif, Anda yang memiliki anjing memiliki jantung yang lebih sehat daripada hewan peliharaan lainnya

Liputan6.com, Jakarta Berbahagialah Anda yang memiliki anjing sebagai hewan peliharaan yang menemani kehidupan sehari-hari. Sebuah penelitian menemukan bahwa hal tersebut bisa membuat jantung lebih sehat.

Dalam sebuah studi yang dipublikasi di jurnal "Mayo Clinic Proceedings: Innovations, Quality & Outcomes" menemukan bahwa pemilik anjing memiliki kehidupan yang lebih aktif, makan lebih baik, serta kadar gula darah lebih sehat.

Sehingga, semua faktor tersebut membuat kesehatan jantung pemilik hewan peliharaan yang juga lebih baik.

Melansir New York Post pada Senin (26/8/2019) studi ini dilakukan pada 1.769 orang dewasa di Brno, Republik Ceko dan dimulai pada 2013. Sekitar 24 persen dari peserta memiliki anjing, sementara 42 persen lainnya memiliki jenis hewan lainnya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Memelihara Anjing

Para penulis studi mencatat bahwa dibandingkan dengan pemilik hewan peliharaan lain, pemilik anjing memiliki aktivitas fisik dan diet pada tingkat yang lebih ideal.

"Faktanya, pemilik anjing menunjukkan kesehatan kardiovaskular yang lebih baik bahkan daripada pemilik hewan bukan anjing," tulis para peneliti.

Fransisco Lopes-Jimenez, salah satu peneliti utama mengatakan bahwa penelitian ini menunjukkan manfaat memiliki seekor anjing mampu melampaui sekadar peningkatan aktivitas fisik.

Selain itu, beberapa kegiatan di mana pemilik dan anjing saling terlibat bersama, menentukan pola makan dan aktivitas, sehingga berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik.

"Itu menyatu semuanya dan tidak hanya fokus pada satu faktor," kata Lopes-Jimenez.

Studi yang dilakukan pada penduduk berusia 25 hingga 64 tahun ini sendiri masih akan terus dilanjutkan hingga 2030.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.