Sukses

4 Khasiat Hebat Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

Mulai dari mengatasi jerawat hingga mempercepat penyembuhan luka bakar.

Liputan6.com, Jakarta Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman punya banyak manfaat bagi kulit. Biasanya kita menggunakan gel lidah buaya untuk mendinginkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

"Tanaman ini menyimpan air, ada cairan bening seperti gel yang mengandung vitamin, antioksidan, mineral dan asam amino," kata dokter spesialis kulit, Joel Schlessinger.

Tidak hanya untuk kulit saja, lidah buaya juga sangat berkhasiat untuk rambut. Nah manfaatnya untuk rambut  tidak cuma bisa Anda rasakan dengan pemakaian secara langsung atau tradisional. Tapi juga bisa Anda rasakan dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya.

Salah satu produk perawatan rambut dengan keunggulan tersebut adalah HERBAL ESSENCES BIO: RENEW, yang memadukan kandungan alami lidah buaya, sea kelp, dan antioksidan. Sampo dan kondisioner dari rangkaian HERBAL ESSENCES BIO: RENEW juga bebas dari paraben, pewarna, dan gluten, serta memiliki pH seimbang, sehingga aman untuk rambut yang diwarnai. 

Ada empat varian HERBAL ESSENCES BIO: RENEW yang memberi manfaat sesuai kebutuhan khusus rambut Anda. HERBAL ESSENCES BIO: RENEW Coconut Milk Shampoo & Conditioner misalnya, formula pada produk itu cocok digunakan bagi Anda yang ingin memiliki rambut lembab dan terawat.  

Namun jika Anda ingin memperbaiki kehalusan rambut, coba gunakan HERBAL ESSENCES BIO: RENEW Argan Oil of Morocco Shampoo & Conditioner. Kemudian bagi Anda yang mengidamkan rambut halus dan berkilau, HERBAL ESSENCES BIO: RENEW Golden Moringa Shampoo & Conditioner juga bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk memperoleh rambut yang bersih dan lebih bervolume, Anda bisa gunakan varian HERBAL ESSENCES BIO: RENEW White Strawberry & Sweet Mint Shampoo & Conditioner.

Selain itu, berikut empat manfaat gel maupun produk yang mengandung lidah buaya yang tak kalah hebat lainnya seperti dilansir Good Housekeeping, Sabtu (10/8/2019).

1. Meringankan iritasi

Kulit kemerahan? Jika kulit Anda tidak sensitif coba oleskan gel lidah buaya. Di dalam gel lidah buaya terdapat senyawa yang bisa mendinginkan peradangan seperti disampaikan dermatolog asal Austin, Amerika Serikat, Jennifer Gordon.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit yang bersifat kronis atau berkepanjangan. Ada beberapa krim lidah buaya yang bisa digunakan untuk meringankan rasa gatal dan peradangan pada orang dengan kondisi ini seperti mengutip laman Mayo Clinic.

Namun, jangan coba sembarangan. Lebih baik konsultasikan dengna dokter Anda jika ingin melakukannya.

3. Atasi jerawat

Beberapa krim antijerawat mengandung lidah buaya. Bukan tanpa alasan, tanaman ini mengandung sifat antibakteri, asam salisilat dan antiperadangan.

 

3 dari 3 halaman

4. Mempercepat penyembuhan luka bakar

"Lidah buaya mengandung senyawa yang dikenal dapat membantu menghambat jamur, bakteri, dan virus," kata dermatolog, David Lortscher.

Kandungan tersebut membantu mempercepat penyembuhan termasuk luka bakar tingkat pertama dan kedua seperti dikutip dari Mayo Clinic.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.