Sukses

7 Fungsi Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh, Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta Lidah Buaya atau biasa juga disebut aloe vera adalah tumbuhan yang multifungsi. Mulai dari untuk kesehatan, untuk kulit wajah dan kulit tubuh, untuk rambut, bahkan untuk bibir

Lidah buaya lebih terkenal dengan manfaatnya untuk kecantikan. Bahkan sekarang ini produk kecantikan dari lidah buaya semakin banyak peminatnya. Namun, fungsi lidah buaya tidak hanya untuk kecantikan, tapi fungsi lidah buaya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Ada dua bagian lidah buaya yang biasanya dimanfaatkan orang untuk mendapatkan khasiatnya, yaitu gel dan lateks. Gel lidah buaya sering diolah menjadi salep, losion atau krim untuk digunakan sebagai obat.

Sedangkan lateks biasanya diolah menjadi zat-zat kering seperti suplemen. Selain sebagai obat-obatan, para wanita juga sering memanfaatkan lidah buaya untuk merawat kesehatan rambut dan kulit dengan memanfaatkan gelnya.

Banyaknya fungsi lidah buaya seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/3/2019).

2 dari 5 halaman

Fungsi Lidah Buaya untuk gigi dan kulit kepala.

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Lidah buaya mempunyai sifat anti bakteri dan mengandung nutrisi yang dipercaya mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Bahkan sebuah jurnal mengatakan bahwa memakan lidah buaya secara teratur dapat mengatasi masalah plak dan masalah-masalah gigi lainnya pada manusia.

2. Mengatasi masalah-masalah rambut dan kulit kepala

Lidah buaya juga merupakan perawatan yang bagus untuk rambut kering, atau untuk maslaah kulit kepala yang gatal. Dengan sifat anti bakterinya, lidah buaya juga dapat membantu mengatasi ketombe.

Vitamin dan mineral yang tinggi dari aloe vera membuat rambut kuat dan sehat. Gel lidah buaya juga membantu menghentikan rasa gatal yang terkait dengan ketombe atau kulit kepala yang kering.

Oleh karena itu, sekarang banyak kita temukan produk shampoo yang menggunakan bahan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

 

3 dari 5 halaman

Fungsi lidah buaya untuk percernaan dan kekebalan tubuh.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Dengan konsumsi lidah buaya secara rutin, masalah masalah seperti susah buang iar besar dan masalah masalah pencernaan lainnya dapat diatasi.

Hal ini disebabkan karena, lidah buaya memiliki kandungan bahan kimia yang efektif sebagai obat pencahar. Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa nutrisi pada lidah buaya mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus sehingga dapat menyehatkan sistem pencernaan.

4. Meningkatkan sitem kekebalan tubuh

Fungsi Lidah buaya selanjutnya yaitu membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat.

Kita bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

4 dari 5 halaman

Fungsi lidah buaya untuk jantung, luka luar dan sendi.

5. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Dengan konsumsi lidah buaya secara rutin, kita dapat juga terhindar dari penyakit berbahaya dan terkenal sangat mematikan yaitu, penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti banyak orang karena bisa terjadi secara tiba-tiba dan tanpa disadari.

Nutrisi yang terkandung pada lidah buaya dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko seseorang terkena kolesterol. Hal ini membuat fungsi lidah buaya disini sangat penting dalam mencegah penyakit jantung yang begitu berbahaya.

6. Menyembuhkan luka luar

Lidah buaya yang juga memiliki sifat anti virus dan anti inflamasi dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit pada luka basah.

Fungsi lidah buaya disini adalah untuk bertindak sebagai pengobatan rasa sakit alami dan menciptakan antibodi yang digunakan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.

7. Mengobati Radang Sendi

Penyakit radang sendi sering juga disebut dengan nama Rheumatoid Artritis. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang terjadi karena tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh itu sendiri.

Fungsi lidah buaya disini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini. Mengonsumsi lidah buaya selama dua minggu berturut-turut dapat mengobati nyeri akibat radang sendi atau Rheumatoid Artritis ini.

5 dari 5 halaman

Lidah buaya dalam kehidupan kita

Walaupun fungsi lidah buaya sangat banyak, tetapi tidak semua orang dapat mengonsumsinya. Seperti pada anak-anak yang masih dibawah 12 tahun.

Mengonsumsi lidah buaya dapat menyebabkan anak-anak tersebut terkena penyakit diare, kram, maupun sakit perut. Ibu hamil dan menyusui juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi lidah buaya karena biasa diakitkan dengan pemicu keguguran dan cacat lahir.

Sedangkan pada pengidap wasir, lidah buaya dapat memperparah keadaan wasirnya. Dan terakhir, lidah buaya tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang akan menjalani operasi.

Bila kita adalah orang-orang dengan 4 masalah diatas, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi lidah buaya. Periksalah ke dokter apakah perlu atau tidaknya mengonsumsi lidah buaya, karena bantuan professional tentunya akan sangat berguna dalam hal ini.

Dengan banyaknya fungsi lidah buaya ini, kita wajib tahu dan memperhatikan juga dampaknya pada kehidupan sehari-hari kita.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Daerah Ini Ingin Gabung ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter