Sukses

Wakili SBY Terima Penghargaan KPAI, AHY: Kualitas Perlindungan Anak Harus Terus Ditingkatkan

 

Liputan6.com, Jakarta - Anugerah KPAI yang dilaksanakan pada Jumat, 19 Juli 2019, malam di Jakarta Pusat untuk memperingati Hari Anak Nasional memberikan penghargaan khusus kepada Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atas komitmennya dalam menerbitkan berbagai kebijakan yang ramah anak pada masa pemerintahannya.

Tidak dapat menghadiri acara, pemberian piagam KPAI diwakili oleh anak pertama SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dalam kesempatan ini AHY mengucapkan terima kasih untuk apresiasi kepada usaha SBY dalam menjujung keadilan untuk kaum wanita dan hak anak.

"Kami mengucapkan terima kasih karena upaya dan perjuangan pak SBY dulu selama memimpin pemerintahan diapresiasi dengan baik. Di mana pak SBY selaku pemimpin ketika itu benar-benar ingin meyakinkan bahwa negara selalu hadir dalam berbagai urusan dan isu terkait perlindungan hak-hak perempuan dan anak Indonesia," ujar AHY.

 

2 dari 3 halaman

Pesan dari SBY

 

Pada kesempatan itu AHY menyampaikan tiga pesan pokok yang dititipkan SBY.

"Yang pertama, negara harus senantiasa menempatkan agenda pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sebagai prioritas utama dalam proses pembangunan bangsa ke depan. Sebab, kaum perempuan dan anak merupakan pilar utama bagi keberlanjutan suatu bangsa," kata AHY.

Kemudian, berdasarkan pengalamannya berkeliling nusantara guna mengunjungi wilayah-wilayah lain, termasuk juga yang terdampak bencana, konflik, hingga peperangan, SBY melihat bahwa anak-anak dan kaum perempuan merupakan kelompok yang hampir selalu paling terdampak oleh perubahan situasi sosial dan juga alam.

Oleh sebab itu, kata AHY, prioritas perlindungan anak harus terus dipegang teguh.

"Anak-anak merupakan tunas bangsa. Masa depan bangsa ini ditentukan oleh mereka. Untuk itu, segala bentuk upaya pembangunan harus senantiasa diorientasikan pada peningkatan kualitas hidup anak Indonesia. Kualitas perlindungan anak harus terus ditingkatkan. Anak-anak harus terus dipersiapkan dan diberdayakan untuk menyambut masa depan yang lebih gemilang," AHY melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

Pesan AHY untuk Kaum Wanita

 

AHY juga menuturkan harapannya kepada kaum wanita dan anak Indonesia ke depannya saat diwawancarai oleh awak media.

"Tentu dengan harapan hari ini dan ke depan keluarga Indonesia terutama kaum perempuan dan anak-anak kita semakin baik kualitas hidupnya, cerdas, sehat, dan semakin siap jadi generasi bangsa yang siap memajukan Indonesia di masa yang akan datang," kata AHY.

Tidak hanya SBY, KPAI juga memberikan penghargaan khusus kepada Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri atas pelopor berdirinya KPAI di masa pemerintahannya melalui Keputusan Presiden tentang Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Selain itu, Titiek Puspa, musisi legendaris juga dianugerahi Lifetime Achievement Perlindungan Anak oleh KPAI.

Dalam acara Anugerah KPAI turut dihadiri oleh beberapa badan pemerintah lainnya seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohanna Susana, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan.

Penulis: Febrianingsih Alamako 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Potret Presiden Indonesia Saat Cukur Rambut
Artikel Selanjutnya
Dahaga Demokrat Duduk di Kabinet