Sukses

Pengalaman Menggelikan Saat Ani Yudhoyono dan SBY Disangka Vegetarian

Dikira menganut pola vegetarian, Ani Yudhoyono dan SBY malah disuguhkan sayur-mayur saat jamuan makan siang.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi yang cukup bagi Ani Yudhoyono merupakan hal wajib yang perlu dia ketahui sebelum melakukan kunjungan ke sejumlah negara sahabat. Semakin banyak informasi yang diperoleh, semakin baik pula.

Mengapa Ani menyebut ini sesuatu yang wajib? Sebagai ibu negara, istri Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tak sekadar bertugas menemani suami bekerja, lalu hanya bersalaman dan tersenyum.

Lebih dari itu, Ani Yudhoyono akan terlibat dalam sebuah percakapan. Bayangkan kalau pengetahuannya akan negara yang sedang dituju nol? Itu mengapa semua informasi terkait politik, budaya, dan isu hangat dari negara tersebut harus dia ketahui terlebih dahulu.

Namun, ada satu hal menarik yang selalu dia ingat lantaran 'salah informasi'. Hal kecil sebenarnya, tapi bisa fatal dan cukup menggelikan.

Suatu hari, SBY dan Ani Yudhoyono menghadiri jamuan makan siang. Entah mengapa, makanan yang disajikan berupa sayur-mayur. Benar-benar hanya sayuran. Ani dan SBY hanya diam dan menerima.

"Barangkali memang tuan rumah ingin menyajikan sesuatu yang beda. Walau saat mata saya melirik ke kiri dan ke kanan, saya lihat pimpinan negara lain menyantap hidangan yang tampak enak. Ada daging dan lauk pauk lainnya," kata Ani Yudhoyono dikutip Health Liputan6.com dai buku 10 Tahun Perjalanan Hati pada Sabtu, 1 Juni 2019.

 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ani Yudhoyono dan SBY Dikira Vegetarian

Kejadian itu masih berulang pada hari ke-2. Hari itu Ani mulai gelisah. Perutnya berontak karena disuguhi sayur-mayur. Perasaan mulai tersiksa lantaran lidah sangat ingin mengecap lauk pauk.

Apalagi tamu-tamu yang lain malah disuguhkan makanan yang jauh lebih lezat, dan komplet. Mulai dari makanan pembuka, makanan utama, dan bahkan pencuci mulut yang sungguh menggugah selera.

Ani merasa ada yang tak beres. Dia lalu mengecek ke staf diplomatik yang ikut dalam perjalanan itu. Mengapa dari hari petama, dia dan SBY hanya mendapatkan sayuran saja?

Rupanya, terjadi kesalahpahaman informasi. Staf diplomatik negara setempat mengira SBY dan Ani Yudhoyono adalah seorang vegetarian. Yang cuma doyan makan sayuran.

Setelah meminta maaf, mereka langsung menyajikan hidangan yang sama dengan undangan lain.

"Untung saya gelisah dan berinisiatif untuk bertanya. Jika tidak, hingga konferensi usai kami hanya makan sayur," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Hal Serupa Ani Yudhoyono pun Terjadi

Hal serupa juga dialami istri Perdana Menteri Malaysia, Datin Seri Rosmah, saat menghadiri konferensi G20 di Singapura pada 2013.

Mereka terus disuguhi sayur-mayur, yang jika dilihat dari wajah Datin, dia tak bisa menikmati santapan tersebut dan terpaksa menelannya.

SBY dan Ani yang duduk di sebelah mereka pun tersenyum geli. Ani dan suami tersenyum geli, karena teringat akan pengalaman yang pernah mereka alami dulu.

Datin dan istri mulai mengeluh tentang hidangan yang mereka santap. Mereka bingung, mengapa dari kemarin hanya disuguhkan sayur?

"Ya, tak apalah, Datin. Sayuran, kan sehat," kata SBY sambil tersenyum geli.

Dengan logat Malaysia yang kental, Datin menjawab,"Iya, tapi kalau sayuran terus lama-lama tak sedap, laaaah.."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.