Sukses

4 Cara Mudah Atasi Stres, Dijamin Tokcer

Liputan6.com, Jakarta - Stres merupakan hal yang dialami hampir setiap orang. Hal ini membuat Anda merasa tidak tenang atau lelah.

Namun, ada beberapa cara untuk mengurangi stres. Melansir dari Reader's Digest pada Sabtu, 22 Juni 2019, berikut lima cara untuk mengurangi stres.

1. Atur napas

Stres yang disebabkan beberapa hal seperti kabar buruk, tugas mendadak dari atasan, atau argumen dengan pasangan terkadang memunculkan gejala fisik maupun mental.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengatur pola pernapasan Anda. Mulai dari menghirup udara secara pelan dan dalam.

"Pernapasan dapat mengubah perasaan karena emosi dan pernapasan memiliki ikatan yang dekat. Sebuah studi menunjukkan bahwa tiap kondisi emosi memiliki kaitan dengan pola pernapasan yang berbeda-beda," kata psikolog dari Universitas Stanford Emma Seppala.

Menarik napas secara dalam memberikan dampak baik untuk otak. Oksigen masuk lebih banyak ke dalam otak dan kemungkinan dapat menurunkan hormon kortisol penyebab stres.

 

2 dari 4 halaman

2. Pikiran

Saat pikiran Anda mulai tidak dapat dikontrol, berhentilah dan ubah kembali cara berpikir Anda.

"Hal tersebut akan memengaruhi bagaimana tubuh akan memberi respons yakni melawan atau memberikan respon baik," kata pakar stres Lauren E. Miller.

Misalnya, saat Anda takut tidak dapat menyelesaikan pekerjaan, pikirkanlah hal tersebut sebagai kesempatan untuk menunjukkan diri pada atasan bahwa Anda seorang pekerja keras.

Ubahlah cara berpikir Anda dalam menghadapi suatu hal.

 

3 dari 4 halaman

3. Bicara pada Diri Sendiri

Sebuah kalimat dapat menurunkan stres yang Anda alami. Satu teknik untuk mengatasinya adalah dengan mengulangi kalimat yang memberi Anda kekuatan.

"Berpikirlah secara positif untuk melepaskan hal-hal yang mengganggu anda dengan mengulangi mantra positif seperti 'semua baik-baik saja' atau 'saya percaya dan mencintai diri sendiri sepenuhnya'," kata pakar transformasi hidup Carol Whitaker.

Hal tersebut sebenarnya merupakan salah satu bentuk meditasi yang dapat membuat Anda lebih mudah menghadapi stres. Beberapa studi menunjukkan bahwa hal tersebut dapat mengubah cara otak berpikir.

Anda dapat menyimpan beberapa kata pengingat pada tempat yang sering membuat Anda merasa stres seperti kantor.

 

4 dari 4 halaman

4. Bersyukur

Saat stres menyerang, Anda mungkin merasa bahwa segalanya sulit dikendalikan. Ingatkanlah diri Anda kembali hal-hal baik yang telah terjadi dalam hidup.

"Studi menunjukkan teknik bersyukur seperti menghitung hal-hal baik dapat menjadi penurun stres yang ampuh. Studi menemukan bahwa orang yang melakukan refleksi rasa syukur setiap hari memiliki tingkat emosi positif lebih tinggi," kata profesor psikologi Universitas Adelpi Deborah Serani.

Deborah pun mengatakan bahwa sebuah studi menunjukan pemilihan cara berpikir yang optimis dapat membantu Anda memiliki mood yang positif.

Saat Anda memiliki mood yang positif dan rasa syukur maka Anda dapat mengatasi situasi sulit lebih baik termasuk stres.

Penulis: Khairuni Cesario

Loading
Artikel Selanjutnya
Balita Juga Bisa Stres, Ini 2 Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Ternyata Stres Bisa Ditularkan Pemilik pada Anjing Peliharaan