Sukses

Puasa Bisa Bikin Kulit Lebih Cerah Jika Lakukan Ini

Beberapa studi menemukan bahwa puasa bisa bikin kulit lebih cerah. Namun, ada satu hal yang harus terpenuhi jika ingin mendapatkan manfaat tersebut

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang percaya bahwa puasa saat Ramadan, bisa membuat seseorang terlihat awet muda dan kulit lebih terlihat bersinar. Ini juga didukung dari beberapa penelitian.

Manfaat kulit lebih cerah dan awet muda saat berpuasa hanya bisa didapat apabila asupan nutrisi tercukupi dengan baik.

"Jadi kalau kita sahur, minum air putih, konsumsi kalori yang mengandung lemak, lipid-nya bisa dipecah lipid barrier. Itu yang bisa membuat kulit lebih cerah," kata Ika Anggraini, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Bamed Skin Care, dalam sebuah temu media di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Apabila seseorang berpuasa namun tetap mengonsumsi makanan yang sehat, seperti menghindari makanan dengan pemanis buatan maka racun yang masuk juga akan lebih sedikit.

"Oleh karena itu kalau makannya benar, asupan nutrisinya cukup, serta tidak terlalu banyak aktivitas di luar, itu bisa membuat kulit lebih cerah dan bersinar," ujar Ika kepada Health Liputan6.com.

 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Konsumsi Sayur dan Buah

Perlu diingat bahwa puasa tidak serta merta membuat kulit terlihat lebih segar jika asupan nutrisi tidak terpenuhi. Bahkan, melakukan aktivitas ini rentan membuat kulit mengalami dehidrasi.

Ika mengatakan, hal ini terjadi karena saat puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan dalam kurun waktu sekitar 13 jam. Tubuh yang bermetabolisme seperti biasanya, cairan akan keluar dari keringat dan buang air kecil.

"Sehingga, apabila asupan cairan kurang ketika sahur ataupun buka puasa, maka hal tersebut bisa menjadi kendala bagi tubuh kita," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Kulit Rentan Kering saat Puasa

Jika seseorang memiliki penyakit yang menyertainya seperti diare, demam, hingga diabetes melitus bisa memperparah masalah dehidrasi kulit saat Ramadan. "Kulit kering akibat dehidrasi akan menyebabkan barrier kulit terganggu, sehingga bahan iritan atau bakteri lebih mudah masuk ke kulit," kata Ika. 

Sehingga, meskipun sedang berpuasa, jangan lupa agar tetap menjaga asupan nutrisi baik saat sahur maupun berbuka. Untuk kulit, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan berkuah seperti sup, sayur-sayuran, hingga buah yang mengandung banyak air. Pastikan setiap hari minum dua liter yang terbagi dalam dua gelas saat berbuka, empat gelas saat makan malam sampai menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.