Sukses

Persiapan Mental Zivanna Letisha Agar Tak Tumbang Selama Puasa

Liputan6.com, Jakarta Tetap menerapkan pola makan sehat selama bulan puasa menjadi tantangan bagi banyak orang. Terlebih di Indonesia yang memiliki 'tradisi' buka puasa bersama, seringkali membuat orang jadi lupa untuk menjaga pola makannya.

Dampak dari pola makan yang buruk memengaruhi kualitas orang yang sedang ber-puasa itu. Tak jarang bikin perut jadi tak enak, yang berujung pada menurunnya produktivitas.

Presenter kondang yang juga Puteri Indonesia 2008, Zivanna Letisha, membagikan tips agar tetap sehat dan produktif meskipun sedang menjalankan ibadah puasa.

"Saya lebih ke persiapan mental supaya penyakit tidak timbul. Supaya tidak sakit. Persiapan mental juga karena ingin menguatkan diri untuk ibadah," kata Zivanna Letisha dalam sebuah kesempatan belum lama ini.

 

2 dari 3 halaman

Sehat Selama Puasa Dimulai dari Sahur

Selain itu, Zivanna juga selalu berusaha memperhatikan asupan makanan saat sahur.

"Sahur ganti-ganti, sih. Aku pilih makanan tinggi serat. Aku pilih nasi merah, oatmeal, buah-buahan, dan susu rendah lemak," kata Zivanna Letisha.

Menurut Zivanna, menjaga pola makanan sehat tersebut dapat mendukungnya untuk tetap produktif meski sedang berpuasa. Dia mengaku merasakan betul perbedaan setelah menerapkan pola makan sehat.

 

3 dari 3 halaman

Tantangan di Saat Buka Puasa

Akan tetapi, tantangan itu justru datang di waktu buka puasa.

"Kalau buka puasa memang challenge buat aku. Dulu aku biasanya takjil duluan jadi males makan. Tapi kebiasan kayak gini enggak baik, jadi bikin ngantuk," katanya.

Zivanna mengatakan pola seperti itu justru membuat berat badannya naik selama bulan puasa.

"Saat ini aku berusaha mengubah gaya hidup dengan makan makanan sehat," kata Zivanna.

Penulis: Khairuni Cesario

Loading
Artikel Selanjutnya
Pengertian Ramadan, Sejarah, dan Aktivitas yang Memuliakannya
Artikel Selanjutnya
Ini Tradisi Keluarga Kecil Zivanna Letisha Selama Bulan Puasa